Kirab bendera merah putih tiba di Monas dengan iring-iringan drumband

Estimated read time 1 min read

Jakarta (ANTARA) – Prosesi pengibaran bendera pusaka merah putih dan teks Proklamasi tiba di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu sekitar pukul 16.15 WIB dengan diiringi genderang TNI-Polri dan kavaleri.

Bendera Pusaka dan Rancangan Proklamasi tiba di Kecamatan Monas, Jakarta setelah dibawa dari ibu kota nusantara, Kalimantan Timur, untuk dikembalikan ke arsip Piala Monas.

Kedua situs cagar budaya tersebut dijemput kendaraan taktis Maung, kendaraan yang sama saat kedua situs cagar budaya tersebut dibawa dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma dan selanjutnya dipindahkan ke IKN pada 10 Agustus.

Pengembalian bendera pusaka dan teks Proklamasi ke Monas dilakukan dalam rangkaian acara memperingati 79 tahun berdirinya Republik Indonesia di Bulan Kemerdekaan.

Selain itu, sesuai ketentuan Pasal 5 Undang-Undang 24 Tahun 2009 tentang Bendera Negara, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan Negara Tahun 2009, bendera pusaka disimpan dan dilestarikan di Monumen Nasional di Jakarta.

Berdasarkan pantauan Monas, beberapa anggota Paskibra berdiri di sepanjang pintu masuk festival, tepatnya melalui Gerbang Gambir Monas untuk mencapai Piala Monas. Setelah itu, puluhan pasangan asal Jakarta pun menunggu di pintu masuk area piala “Monas”. Prosesi karnaval juga dimeriahkan dengan penampilan dan permainan genderang tiga dimensi TNI yang menawan.

Masyarakat juga menantikan parade bendera Merah Putih serta kedatangan rancangan Deklarasi dari Bandara Halim Perdanakusuma mulai pukul 15.00 WIB.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours