Menparekraf optimistis Tanjungpinang Fest 2024 pikat wisatawan

Estimated read time 2 min read

Tanjungpinang, Kepulauan Riau (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap Tanjungpinang Fest 2024 di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

“Selain itu, Jalan Merdeka sudah sejak dahulu menjadi pusat perekonomian Tanjungpinang sehingga layak untuk ditelusuri sebagai objek wisata,” kata Sandiaga saat membuka Tanjungpinang Fest 2024, Minggu malam.

Sandiaga mengatakan Tanjungpinang Fest masuk dalam ajang Kharisma Nusantara (KEN) Kemenparekraf 2024 karena memadukan konten dan cerita menarik, kemudian menampilkan seni dan budaya tradisional Malaysia, serta menghadirkan peluang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan Indonesia yang direncanakan pemerintah mencapai 1,5 miliar dan menarik tiga juta wisatawan mancanegara ke Kepulauan Riau pada tahun 2024.

Pihaknya juga terus melakukan kemajuan, salah satunya menciptakan 4,8 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami juga mengajak seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat untuk berinovasi, beradaptasi, dan bekerja sama untuk menjadikan Kepri menjadi provinsi unggulan, khususnya dalam bidang pariwisata,” kata Sandiaga.

Menparekaf Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyeruput kopi bersama dalam acara Tanjungpinang Fest 2024 di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau pada Minggu malam (4/8/2024). ANTARA/ KEBAKARAN

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan Tanjungpinang Fest 2024 digelar untuk ketiga kalinya di Jalan Merdeka Tanjungpinang atau sejak tahun 2022.

Ia pun mengapresiasi kegiatan ini masuk dalam KEN 2024 Kemenparekraf.

Menurutnya, agenda ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah memperkaya berbagai event budaya dan wisata di Kepri dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

“Kami bertekad menjadikan Kepri tidak hanya menjadi tiga besar destinasi wisata Indonesia, tapi juga menjadi provinsi kedua setelah Bali di masa depan,” ujarnya dalam sambutannya.

Ansar terus mengembangkan agenda tersebut, bahkan pada tahun 2025, beberapa program besar budaya dan pariwisata akan digelar di Tanjungpinang.

“Setiap daerah harus memiliki sektor pariwisata yang andal agar pariwisata di Kepri selalu unggul dari masa ke masa,” ujarnya.

Ia juga memuji promotor Tanjung Fest yang mampu menggairahkan sektor perekonomian dengan menyelenggarakan bazar UMKM berbagai produk ekonomi kreatif khas daerah.

Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan hiburan seniman lokal dan Jakarta, serta pertunjukan seni dan budaya yang akan berlanjut hingga 11 Agustus 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours