KAI Daop 1 ubah pola perjalanan antisipasi kunjungan Paus Fransiskus

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Daerah Operasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Daop) 1 Jakarta telah merevisi pola lalu lintas delapan kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir untuk mengantisipasi perhatian masyarakat menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta. .

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ishfan Hendriwintoko di Jakarta, Selasa mengatakan, kereta yang berangkat dari Stasiun Gambir biasanya tidak berhenti di Stasiun Jatinegara.

Namun khusus pada tanggal 4 dan 5 September 2024 (Rabu dan Kamis), KA yang berangkat pukul 08.00 s/d 16.00 WIB akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk pelayanan boarding Penumpang.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan untuk menghindari keterlambatan calon penumpang akibat kemungkinan terjadinya kemacetan lalu lintas di sekitar Monas dan jalan menuju stasiun Gambihir akibat kunjungan Paus Fransiskus ke Katedral dan Masjid Istiqlal.

Ishfan mengatakan, waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambihir tidak mengalami perubahan.

“Kami berharap dengan ditetapkannya moda operasional khusus ini, pelanggan dapat terhindar dari risiko kemacetan lalu lintas yang mungkin terjadi akibat arus lalu lintas dialihkan ke Stasiun Gambihir dan dapat melakukan perjalanan dari Stasiun Jatinegara,” imbuhnya.

Pelayanan Kereta Api Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Gambihir (kereta genap) dan berhenti di Stasiun Jatinegara pada tanggal 4 dan 5 September 2024 adalah sebagai berikut:

– Koneksi Argo Bromo Anggrek KA 2 Gambir-Surabaya Pasar Turi, keberangkatan pukul 08.20 WIB;

– Argo Cheribon KA 26A sambungan Gambir-Cheribon, diberangkatkan pukul 08.30 WIB;

– Taksaka KA 68 sambungan Gambir-Yogyakarta, berangkat pukul 09:20 WIB;

– Sambungan Pangandaran Plb 7028A Gambihir-Banjar, berangkat pukul 09:30 WIB;

-Sembrani Plb 62A sambungan Gambir-Surabaya Pasar Turi, diberangkatkan pukul 09:50 WIB;

– Argo Cheribon KA 22A sambungan Gambir-Cheribon, keberangkatan pukul 10.10 WIB;

– Argo Merbabu KA 20F jalur Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng, keberangkatan pukul 14.20 WIB; Dan

– Brawijaya KA 58 sambungan Gambir-Malang, berangkat pukul 15.40 WIB.

Paus Fransiskus dan rombongan tiba di terminal VVIP Bandara Soekarno-Hatta (Sotta) Tangerang, Banten dengan menaiki pesawat ITA Airways Z400 berwarna biru, mengibarkan bendera Belanda dan Indonesia pada Selasa sekitar pukul 11.25 WIB.

Paus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Rabu (9 April 2024) pukul 09.30 WIB, dilanjutkan dengan kunjungan ke Katedral Jakarta.

Sementara itu, pada Kamis (9 Mei 2024), Paus akan mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta, dilanjutkan dengan pertemuan para penerima manfaat pada Konferensi Waligereja Katolik Indonesia (KWI) dan pimpinan besar di Gelora. (GBK) Stadion utama di Jakarta.

Selain itu, pada Jumat (06/09/2024) pemimpin Komunitas Katolik Dunia akan melanjutkan perjalanannya ke Papua Nugini.

Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan perjalanan ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Timur, dan Singapura pada 2-13 September 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours