ITPLN dan Bapeten dukung penggunaan teknologi nuklir ramah lingkungan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pusat Teknologi PLN dan Badan Pengatur Tenaga Nuklir (Bapeten) berkomitmen mendukung penggunaan teknologi nuklir yang aman dan ramah lingkungan.

Dalam rangka lebih meningkatkan keselamatan dan keamanan teknologi nuklir di Indonesia, ITPLN bersama Bapeten menyelenggarakan acara bertajuk “Pelatihan dan Pameran 2024”.

Acara yang bertempat di kantor pusat ITPLN Jakarta ini dibuka langsung oleh Ketua ITPLN Prof. Iwa Garniwa dan Plt. Sugeng Sumbarjo, Direktur Bapeten.

Iwa dalam pidatonya di Jakarta, Rabu mengatakan: “Kami berharap acara ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam penggunaan teknologi nuklir, tetapi juga mendorong perkembangan baru yang mendukung ‘energi rendah karbon’. .

Sementara itu, Bapeten mengatakan langkah tersebut merupakan langkah strategis untuk memastikan pengembangan teknologi nuklir Indonesia memenuhi standar keselamatan internasional.

Acara ini bertujuan untuk mendukung pengembangan energi rendah karbon sekaligus mendukung emisi karbon (NZE) 2060.

ITPLN menjelaskan bahwa dengan mengusung tema luas “Meningkatkan keselamatan dan keamanan teknologi nuklir dalam mendukung energi rendah karbon dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat”, lokakarya dan pameran ini akan menjadi pertemuan penting para peneliti, profesional, dan regulator serta membahas isu-isu penting. perkembangan terkini. inovasi di bidang energi nuklir.

Sementara itu, seminar keselamatan nuklir menghadirkan pembicara kunci yang membahas isu-isu kebijakan terkait keselamatan dan penggunaan energi nuklir di Indonesia.

Sementara itu, peran pakar nasional dan internasional, seperti As Natio Lasman dari Dewan Energi Nasional (DEN), Direktur Pengendalian Produksi Narkoba, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor Badan Pengawasan Pangan dan Obat-Obatan (BPOM) Bayu Wibisono, Drew Christensen dari US Pacific Northwest National Laboratory (US PNNL) dan Bob Anderson dari US Idaho Laboratory (US-INL).

Sementara itu, pameran produk nuklir dan poster ilmiah akan menampilkan berbagai inovasi dan teknologi modern di bidang nuklir sesuai dengan tema acara.

ITPLN meyakini acara tersebut akan menjadi peluang emas bagi seluruh pihak yang terlibat di bidang energi, khususnya teknologi nuklir.

Dengan topik-topik yang disebutkan dalam lokakarya dan inovasi yang disampaikan, kami berharap dapat muncul ide-ide baru dan solusi praktis terhadap tantangan yang dihadapi sektor energi di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours