3 Dampak Sanksi Rusia yang Merugikan Negara-negara Eropa, Bikin Industri Jatuh

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Sanksi Rusia tidak hanya berdampak pada Moskow, tapi juga banyak negara Eropa. Setelah Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putin punya strategi tersendiri untuk mengembalikan sanksi tersebut ke Benua Biru – julukan Eropa.

Sanksi Barat dijatuhkan tak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina, di mana Kremlin berusaha memulihkan stabilitas ekonomi dengan mengandalkan sekutu seperti Tiongkok, Korea Utara, dan beberapa negara Timur Tengah.

Sebagai tanggapan, Vladimir Putin kemudian merancang sejumlah kebijakan yang bertujuan merugikan banyak negara Eropa yang bergantung pada Moskow. Berikut beberapa akibat sanksi Rusia yang berbahaya bagi negara-negara Eropa.

3 Dampak Buruk Sanksi Rusia terhadap Negara Eropa1. krisis energi

Sebagai balasan atas sanksi Barat, Rusia segera menghentikan pasokan gas ke beberapa negara Eropa. Menurut Radio Liberty, Moskow dan media pro-Kremlin memperkirakan bahwa Eropa, tanpa bantuan gas Rusia, akan menghadapi krisis.

Untuk mengatasi kekurangan gas di Rusia selama musim dingin dan hingga sisa tahun 2023, UE memasok gas alam cair, yang sebagian besar berasal dari Amerika Serikat.

Sekalipun mereka bisa bertahan, para ahli mengatakan krisis energi jangka panjang masih akan berdampak. Karena hilangnya gas Rusia secara total akan menimbulkan masalah bagi banyak negara Eropa dan bahkan dapat menimbulkan perpecahan.

Pada tahun 2023, impor gas Rusia ke UE turun hampir sepertiga dibandingkan sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada tahun 2022.

2. Menjadi sasaran peperangan hibrida

Persaingan antara Rusia dan Barat juga dapat menyebabkan perang hibrida. Mengingat hal tersebut, Negeri Tirai Besi menjadi negara yang paling digemari berbagai serangan di banyak negara.

Namun, Rusia tidak sendirian dalam upaya anti-Baratnya. Negara ini secara aktif menyeimbangkan kepentingan Barat dan merekrut sekutu seperti Belarus, Iran, dan Korea Utara.

Dengan menjadi tuan rumah senjata dan tentara nuklir, serta mempersenjatai dan mengerahkan angkatan bersenjata, negara-negara ini akan meningkatkan agresi Rusia. Namun, Tiongkok adalah bagian penting dari teka-teki ini.

3. Industri mulai runtuh

Sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa (UE) terhadap Rusia juga menjadi bumerang setelah banyak industri di benua biru menghadapi krisis. Salah satu negara yang terkena dampak respons Putin adalah Jerman.

Sanksi terhadap Rusia melumpuhkan industri Jerman, menjadikan salah satu negara paling kuat di UE rentan terhadap kenaikan harga energi dan inflasi yang tinggi.

Pada bulan Juni, Zona Euro secara resmi mengumumkan bahwa mereka sedang memasuki resesi. Salah satu penyebab utama krisis keuangan adalah kemerosotan perekonomian terbesar di blok tersebut, yang disebabkan oleh Jerman.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours