Apple Intelligence, Penentu Masa Depan iPhone 16

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Apple dijadwalkan menggelar acara Glowtime pada Senin (9 September 2024). iPhone 16 dan Apple Watch X di Seri 10 mungkin diumumkan dengan janji banyak peningkatan, salah satunya Apple Intelligence.

Apple Intelligence memang mendapat banyak sorotan, apalagi setelah membuat heboh di ajang WWDC pada Juni lalu. CNet melaporkan bahwa Apple mulai mengambil langkah untuk mengembangkan AI di berbagai sistem operasinya.

Apple akhirnya membuka Apple Intelligence untuk beberapa pengujian publik – tetapi untuk saat ini hanya tersedia dalam versi beta pengembang. Beberapa AI yang dijanjikan Apple mencakup peningkatan pada Siri dan aplikasi yang terhubung ke perpustakaan foto di versi beta terbaru Apple untuk iOS, iPadOS, dan MacOS. Namun, fitur tersebut tidak akan dirilis sepenuhnya hingga akhir musim gugur ini untuk iPhone, iPad, dan Mac dengan chipset yang diperlukan – dan itupun akan dimulai sebagai fitur beta terpilih.

Apple Intelligence saat ini masih dalam versi beta. Sistem ini merupakan bagian dari pengembangan beta untuk iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan MacOS Sequoia 15.1, sedangkan beta publik yang tersedia di iPhone, Mac, dan iPad saat ini didasarkan pada iOS 18.0, iPadOS 18.0, dan MacOS Sequoia 15.0.

Apple tidak memperkenalkan semua inovasi berbasis AI yang dijanjikannya sekaligus. Apple Intelligence beta menampilkan alat tulis yang disarankan AI yang muncul di dokumen atau email, alat foto termasuk Pembersihan untuk menghapus elemen yang tidak diinginkan dari gambar, dan banyak perubahan pada Siri termasuk menyertakan suara dan desain baru untuk suara percakapan yang alami. fitur status lainnya, garis tepi bercahaya baru di sekitar layar saat Siri aktif, dan gerakan ketuk dua kali di bagian bawah layar untuk mengetuk Siri.

Ada juga fitur yang menambahkan kenangan film instan untuk Foto dan ringkasan AI untuk Pesan, email, Notifikasi, dan Catatan. Namun, plug-in ChatGPT Apple, GenMoji, fitur Image Playground, dan fitur Siri lainnya belum tersedia.

Pengembangan beta mencakup pengaturan yang memungkinkan pengguna memilih fitur Intelijen Apple untuk diuji. Masih harus dilihat apakah rilis beta publik Apple Intelligence akhir tahun ini akan memiliki fungsi masuk yang serupa.

Meskipun beberapa fitur AI Apple terdengar cukup bagus, peluncurannya terbatas pada iPhone, iPad, dan Mac tertentu pada akhir tahun ini. Model lain seperti iPhone 15 Pro dan versi lebih baru serta Mac dan iPad memiliki chip seri M yang berarti tidak semua orang akan menggunakannya.

Apa manfaat Apple Intelligence?

Apple Intelligence digambarkan sebagai “AI untuk kita semua”. Intinya adalah Apple Intelligence terintegrasi di iPhone, iPad, dan Mac untuk membantu pengguna menulis, menyelesaikan tugas, dan mengekspresikan diri.

Kemampuan ini memanfaatkan level individu di perangkat Apple untuk membuat rekomendasi dan memberikan hasil yang lebih akurat. Apple memperkenalkan fitur AI ini sebagai bentuk keamanan baru dalam AI.

Apple tampaknya menggunakan taktik ini sebagai cara untuk membedakan upaya AI-nya dari upaya yang diumumkan sebelumnya oleh pesaing. Misalnya, perusahaan menjelaskan bagaimana Apple Intelligence dapat memahami data seperti lalu lintas, waktu, dan kontak untuk membantu pengguna mengetahui apakah mereka dapat menghadiri suatu acara tepat waktu.

Pada perangkat apa saja Apple Intelligence akan berfungsi?

Saat ini, Apple Intelligence tersedia dalam versi beta di iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max dan iPad atau Mac dengan chip M1 atau lebih baru, dengan Siri dan bahasa perangkat diatur ke Bahasa Inggris AS. Musim gugur ini, Apple Intelligence akan merilis produknya sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia.

Berikut daftar perangkat Apple yang dapat menjalankan Apple Intelligence:

1. iPhone 15 Pro dan 15 Pro Maks

2. iPad Air memiliki chip M1 atau M2

3. iPad Pro memiliki chip M1, M2 atau M4

4. MacBook Air memiliki chip M1, M2 atau M3

5. MacBook Pro memiliki chip M1, M2 atau M3

6. Mac Mini memiliki chip M1 atau M2

7. Mac Studio memiliki chip M1 atau M2

8. iMac memiliki chip M1 atau M3

9. Mac Pro dengan chip M2

Apple belum memberikan tanggal pastinya, tetapi Apple Intelligence akan dirilis ke publik sebagai bagian dari beta akses awal pada musim gugur ini. Pengguna kini dapat menggunakan Apple Intelligence di iPhone, iPad, atau Mac yang kompatibel dengan pengembangan beta untuk iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1, dengan Siri dan bahasa perangkat diatur ke Bahasa Inggris Amerika.

Secara khusus, Apple mengatakan Apple Intelligence akan berfungsi pada model iPhone, iPad, atau Mac yang kompatibel dengan Siri dan bahasa perangkat diatur ke Bahasa Inggris AS. Dukungan untuk bahasa lain akan hadir pada tahun 2025.

Apple Intelligence berjalan di perangkat iPhone, iPad, atau Mac dan di server cloud berbasis silikon Apple yang disebut Apple Private Cloud Computing. Apple Intelligence bukan ChatGPT dan tidak berfungsi pada OpenAI yang populer.

Namun, Apple Intelligence mendukung layanan AI pihak ketiga lainnya, dengan ChatGPT menjadi yang pertama diumumkan. Akses ke ChatGPT akan diintegrasikan dengan Siri dan alat tulis di iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia memungkinkan pemilik perangkat Apple mengakses tanpa berpindah perangkat.

Alat apa saja yang dimiliki Apple Intelligence?

Kemampuan Apple Intelligence terbagi dalam salah satu dari tiga kategori: mengetik, menggambar, dan Siri. Alat tulis akan tersedia di mana pun pengguna menulis. Apple Intelligence dapat memindai teks, menulis ulang beberapa versi dengan perubahan suara dan kata, dan meringkas teks yang dipilih dalam satu rekaman.

Alat menggambar akan dapat membuat gambar asli berdasarkan instruksi di alat Image Playground yang baru.

Pengguna akan dapat membuat Genmoji khusus dan unik dengan Apple Intelligence langsung dari keyboard. Ada juga opsi untuk memilih seseorang dari perpustakaan foto dan membuat Genmoji yang mirip dengan orang tersebut.

Di aplikasi Foto, pengguna dapat membuat film memori khusus berdasarkan deskripsi yang diberikan. Apple Intelligence juga memberi Siri peningkatan besar. Siri akan memiliki desain baru, pengenalan suara yang lebih kuat, dan kemampuan mengetik di Siri alih-alih memberikan perintah. Suara dan respons Siri akan terdengar natural dan percakapan.

Apple Intelligence memberi Siri kesadaran situasional pribadi dan kemampuan untuk mengambil tindakan di seluruh aplikasi serta pengetahuan produk tentang fitur dan pengaturan perangkat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours