Negara NATO Polandia Segera Miliki Jet Tempur Siluman F-35 Pertamanya

Estimated read time 2 min read

Warsawa – Negara NATO Polandia akan segera menerima pesawat tempur siluman F-35A pertamanya.

Kontraktor pertahanan AS Lockheed Martin merilis video pesawat yang meluncur dari jalur produksi di Fort Worth, Texas, dan mengatakan pesawat tersebut akan diluncurkan secara resmi pada Rabu depan.

F-35A, yang dijuluki “Husarz” di Polandia, akan meninggalkan pabrik pada bulan Agustus.

Namun enam jet tempur pertama tidak akan dikirim langsung ke Polandia. Sebaliknya, pesawat-pesawat tersebut akan dikirim ke Pangkalan Angkatan Udara Ebbing Garda Nasional AS di Arkansas, tempat pilot Polandia menerima pelatihan.

Berdasarkan laporan Radio Polski pada Minggu (25/8/2024), jet tempur tersebut dijadwalkan tiba di Polandia pada tahun 2026, dengan seluruh pesanan selesai pada tahun 2030.

Pembelian F-35 adalah bagian dari upaya modernisasi yang lebih luas oleh militer Polandia, yang mencakup sistem pertahanan rudal Patriot dan sistem pertahanan rudal HIRS, keduanya merupakan platform AS yang banyak digunakan oleh sekutu NATO.

Kontrak untuk 32 jet tempur F-35 ditandatangani pada tahun 2015. Pada tahun 2020, perjanjian tersebut ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak, yang menandai kemajuan signifikan Angkatan Udara Polandia.

Nama Hussarz dipilih dalam kompetisi publik yang diselenggarakan oleh Staf Umum Angkatan Darat Polandia.

Nama tersebut mengacu pada Hussar Polandia, unit kavaleri berat terkemuka yang aktif dari abad ke-16 hingga ke-18. Dikenal karena pelindung sayapnya yang ikonik, Hussar dianggap sebagai kekuatan elit di Persemakmuran Polandia-Lithuania.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours