Bank Indonesia Konsisten Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6,25%

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) kembali memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan sebesar 6,25% yang diputuskan dalam rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada 20-21 Agustus 2024. Selain BI rate, suku bunga, suku bunga deposito juga tidak akan berubah sebesar 5,5%, dan suku bunga pinjaman akan tetap sebesar 7%.

Gubernur BI Perry Wardziyo mengatakan suku bunga dipertahankan berdasarkan penilaian komprehensif, proyeksi, perekonomian global, perekonomian domestik, kondisi moneter sistem keuangan, dan pembayaran ke depan.

Berdasarkan hasil penilaian komprehensif terhadap perkembangan terkini dan prospek perekonomian ke depan, Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan BI rate pada level 6,25% pada 20-21 Agustus 2024, kata Perry dalam konferensi pers. Hasil RDG BI Agustus 2024 di Jakarta, Rabu (21/08/2024).

Baca Juga: Masih Ada Ruang BI Pertahankan Suku Bunga di 6,25%, Ini Pemikirannya

Keputusan untuk mempertahankan BI rate pada level 6,25% tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro stabilitas, yaitu sebagai langkah preventif dan forward-looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali.

“Sehingga inflasi tetap terkendali pada kisaran 2,5±1 pada tahun 2024 dan tahun depan 2025,” kata Perry.

Fokus kebijakan moneter dalam jangka pendek ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, menstabilkan nilai tukar rupee, dan menarik masuknya portofolio asing.

Baca juga: Perry Wardziyo Sebut Ada Ruang Penurunan BI Rate di Akhir 2024

Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro pertumbuhan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Kebijakan makroprudensial yang longgar terus diterapkan untuk mendukung pemberian pinjaman bank kepada perusahaan dan rumah tangga.

“Kebijakan sistem pembayaran ditujukan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri pembayaran, serta memperluas penerimaan digitalisasi sistem pembayaran,” kata Perry.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours