5 Cara Menghemat Listrik di Rumah dengan Langkah Sederhana

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Kebutuhan dan kepercayaan konsumen terhadap barang elektronik semakin meningkat di tengah perkembangan teknologi. Penggunaan perangkat elektronik yang lebih nyaman dan berdaya tinggi di rumah akan meningkatkan biaya listrik.

Antonius Widjaja, Kepala Divisi Produk Midea Electronics Indonesia, menjelaskan untuk menghemat listrik di rumah, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan. Begini caranya.

1. Mengatur penggunaan lampu

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menambah tagihan listrik adalah membiarkan lampu menyala di siang hari atau saat berada di rumah. Oleh karena itu, pada siang hari sebaiknya matikan lampu di rumah dan manfaatkan keesokan harinya.

Selain itu, pelanggan dapat mengganti lampu konvensional dengan lampu LED. Lampu LED dapat menghasilkan cahaya lebih banyak dan tahan lebih lama dibandingkan lampu konvensional. Oleh karena itu, Anda bisa menghemat listrik hingga 90 persen.

2. Matikan dan cabut perangkat elektronik bila tidak digunakan

Salah satu hal yang belum diketahui namun sangat penting dalam penggunaan listrik adalah kebiasaan untuk tidak mematikan alat elektronik jika tidak digunakan.

Selain itu, tidak jarang orang mencabut kabel pengisi daya perangkat seperti ponsel saat tidak digunakan. Faktanya, mematikan semua peralatan listrik yang tidak digunakan di rumah adalah cara terbaik untuk menghemat listrik dan mengurangi tagihan Anda secara signifikan.

Jangan biarkan peralatan listrik tersambung ke stopkontak setelah Anda selesai menggunakannya. Biasakan untuk melepas kabel yang tidak terpakai secara rutin.

3. Mengurangi penggunaan perangkat elektronik bertegangan tinggi

Konsumen harus mengetahui dan memahami tingkat daya peralatan listrik di rumah. Oleh karena itu, lebih bijaksana menggunakan perangkat ini. Sebaiknya batasi jika Anda ingin menggunakan elektronik berdaya tinggi.

Pelanggan dapat membuat jadwal khusus untuk penggunaan setiap perangkat. Misalnya menggunakan mesin cuci dua kali seminggu, menggunakan AC hanya saat tidur malam, dan sebagainya.

Terakhir, kurangi penggunaan peralatan listrik yang tidak penting seperti dispenser air dan pemanas. Daripada menggunakan listrik, konsumen bisa memanaskan air menggunakan kompor gas. Hal ini dapat mengurangi tagihan listrik bulanan Anda.

Antonius mengatakan, Midea menjawab kebutuhan pembeli rumah di Indonesia akan AC permanen dan hemat energi. Menurut Antonius, AC dengan ½ PK ini bisa menjadi pilihan baru bagi pelanggan, setelah suksesnya AC Inverter Midea 1 PK di pasar dalam negeri.

AC Midea Split Inverter dilengkapi dengan fitur iECO Mode sehingga AC tetap sejuk hingga 8 jam hanya dengan menggunakan listrik 1,18 kWh (setara Rp 1.000 per jam). Dengan waktu pemakaian sehari-hari yang sama, AC Inverter Midea sama efisiennya dengan produk sejenis dengan daya listrik hingga 2,8 kWh.

“Teknologi hemat energi yang terintegrasi melalui fitur-fitur yang ada pada setiap produk kelistrikan Midea khususnya AC merupakan salah satu upaya sungguh-sungguh dalam mendukung program yang terus digalakkan pemerintah yaitu tentang penghematan energi,” kata Antonius, saat peluncuran Midea. AC Split Inverter Seri, di Jakarta, Jumat 5 September 2024.

Pengoperasian AC Midea Split Inverter didukung dengan teknologi Quattro Inverter yang dapat mengatur kecepatan kerja kompresor di luar sehingga ruangan lebih stabil. Jadi AC ½ PK ini sangat cocok digunakan pada ruangan-ruangan di dalam rumah seperti kamar tidur.

Antonius jamin AC Midea Split Inverter ini akan awet atau tahan lama. AC ini dilapisi dengan HyperGrapfins dan U Bend Coating. Lapisan atom karbon HyperGrapfins 12,5 kali lebih tahan korosi sehingga ideal untuk penggunaan jangka panjang. HyperGrapfins termasuk bagian kondensor pada unit outdoor yang mampu melindungi kisi-kisi pada kondensor dari kerusakan hingga 20 tahun.

4. Gunakan alat elektronik seperlunya

Anda dapat menghemat listrik dengan menggunakan peralatan listrik yang tepat. Misalnya menyalakan kipas angin atau AC saat terasa panas dan mematikannya saat tidak diperlukan.

Memilih barang elektronik yang tepat juga penting. Misalnya dengan memilih setrika yang dilengkapi pelindung panas. Selain itu, jika Anda sering memasak dan dalam waktu lama, seperti membuat kari atau rendang, maka pilihlah oven gas dibandingkan oven listrik.

5, Gunakan elektronik hemat energi

Penggunaan perangkat elektronik membuat hidup lebih mudah dan nyaman. Di negara-negara tropis, misalnya, AC dalam ruangan merupakan hal yang lumrah.

Dengan semakin majunya teknologi, kini banyak peralatan listrik yang mempunyai fitur khusus untuk menghemat penggunaan listrik, seperti AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lain-lain.

Standar tersebut akan memuat informasi yang dapat memudahkan konsumen dalam mencari peralatan listrik yang mendukung efisiensi penggunaan listrik.

Untuk menghindari baterai listrik berukuran besar, AC seperti AC Inverter Midea 1/2 PK bisa menjadi solusi yang tepat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours