7 Jurusan S-1 Langka di Indonesia, Incaran Perusahaan Multinasional hingga BUMN?

Estimated read time 4 min read

Ini adalah daftar 7 program perguruan tinggi paling tidak biasa dan unik yang kandidatnya diincar oleh perusahaan multinasional dan milik negara. Banyak calon mahasiswa baru yang tertarik untuk mengambil jurusan PTN atau PTS yang sudah populer seperti kedokteran, teknik sipil, manajemen, dll.

Namun tahukah Anda, ternyata banyak sekali jurusan di perguruan tinggi negeri yang kurang populer karena hanya ada satu di Indonesia. Jurusan ini disebut-sebut paling langka dan hanya sedikit yang diminati calon mahasiswa baru.

Meski jurusan ini jarang ditemui, namun prospek dan peluang kerjanya sangat bagus karena lulusannya disebut-sebut bisa berkarir di perusahaan multinasional besar hingga perusahaan milik negara. Apakah itu benar? Merujuk pada akun Instagram @infobesartn2025, artikel kali ini akan membahasnya, simak yuk!

7 studi sarjana terunik dan unik, dengan fokus pada perusahaan multinasional dan badan usaha milik negara

1. Ilmu keluarga dan konsumen

Institut Pertanian Bogor memiliki salah satu mata kuliah S1 yang unik dan unik, yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen. Mata kuliah utama ilmu keluarga dan konsumen ini dibawah bimbingan Fakultas Ekologi Manusia IPB.

Lulusan jurusan ini dapat mengejar karir sebagai peneliti di bidang humaniora, akademisi, spesialis riset pemasaran dan konsumen, manajer pasar sasaran, dan pegawai negeri. Gaji yang diperoleh lulusan Sarjana Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB sebesar Rp4-8 juta per bulan atau setara Rp48-96 juta per tahun.

2. Sastra Belanda

Universitas Indonesia mempunyai jurusan terunik dan unik satu-satunya di Indonesia, yaitu jurusan Sarjana Sastra Belanda. Departemen ini berada di bawah bimbingan Fakultas Ilmu Budaya UI

Lulusan jurusan sastra Belanda dapat berkarir sebagai penerjemah atau interpreter bahasa Belanda, untuk kepentingan pemerintahan maupun swasta, sebagai penulis, novelis, content writer, dan pegawai Kementerian Luar Negeri.

Lulusan sastra Belanda juga memiliki peluang besar untuk menjadi wirausaha, atau menekuni bidang pendidikan seperti mengajar atau akademisi.

Gaji yang diperoleh lulusan Sarjana Sastra Belanda UI berkisar Rp4-8 juta per bulan atau setara Rp48-96 juta per tahun.

3. Teknologi nuklir

Universitas Gadjah Mada mempunyai jurusan yang paling unik dan unik yaitu Sarjana Teknik Nuklir. Jurusan Sarjana Teknik Nuklir diawasi oleh Fakultas Teknik UGM.

Lulusan jurusan ini memiliki peluang besar untuk berkarir sebagai insinyur di institusi pemerintah, seperti Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPPETEN), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, hingga Kementerian ESDM. Sumber Daya, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, dan perindustrian, untuk perusahaan negara dan swasta. Gaji yang diperoleh lulusan Sarjana Teknik Nuklir UGM berkisar Rp5-9 juta per bulan atau setara Rp60-108 juta per tahun.

4. Astronomi

Institut Teknologi Bandung mempunyai jurusan yang paling unik dan unik yaitu Sarjana Astronomi. Departemen ini berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB

Lulusan jurusan S-1 Astronomi mempunyai kesempatan kerja terbaik sebagai peneliti di organisasi antariksa dunia, penulis atau editor di media ilmiah, akademisi, peneliti, analis, bekerja di lembaga publik, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika LIPI, dan lainnya. Lulusan Sarjana Astronomi ITB memperoleh penghasilan sekitar Rp4-9 juta per bulan atau setara Rp48-108 juta per tahun.

5. Robotika dan kecerdasan buatan

Universitas Airlangga memiliki salah satu jurusan yang unik, yaitu Sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Departemen ini berada di bawah bimbingan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga.

Lulusan robotika dan kecerdasan buatan dapat bekerja sebagai insinyur perangkat lunak, ilmuwan komputer, pemrogram atau pengembang perangkat lunak, serta akademisi dan peneliti. Gaji yang diperoleh lulusan Sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair berkisar Rp4-10 juta per bulan atau setara Rp48-120 juta per tahun.

6. Teknik Transportasi Laut

Institut Teknologi Sepuluh Novembre mempunyai program sarjana yang paling unik dan unik yaitu Jurusan Teknik Transportasi Laut. Departemen ini berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya.

Lulusan Teknik Transportasi Laut mempunyai peluang besar untuk berkarir sebagai staff engineer di bidang pelayaran, pelabuhan, logistik dan industri lainnya. Gaji yang diperoleh lulusan Sarjana Teknik Transportasi Laut ITS berkisar Rp4-8 juta per bulan atau setara Rp48-96 juta per tahun.

7. Manajemen industri katering

Universitas Pendidikan di Indonesia mempunyai salah satu jurusan yang unik dan unik yaitu Manajemen Industri Katering. Departemen ini berada di bawah naungan Fakultas Pedagogi Sosial, lulusan pendidikan Indonesia pada departemen ini berkesempatan mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan di industri makanan dan minuman, di hotel, restoran dan lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours