Pemerintah memfasilitasi sinergi investor pariwisata Zanzibar dan PHRI

Estimated read time 2 min read

Nusa Dua, Bali (ANTARA) – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) memfasilitasi peluang kerja sama bagi investor pariwisata asal Zanzibar dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Tujuan kerja sama ini adalah pertukaran tenaga ahli (expert), pengetahuan di bidang perhotelan,” kata Wakil Direktur Tata Kelola Maritim dan Koordinasi Ketenagalistrikan Departemen Kelautan dan Perikanan Jodi Mahardi di sela-sela konferensi Afrika kedua di Indonesia. . (IAF), di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin.

Dijelaskannya, masyarakat kepulauan di pesisir timur benua Afrika berencana menyepakati kerja sama di bidang pariwisata yang akan ditandatangani di sela-sela acara Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada Selasa. (3/9).

Selain pertemuan Indonesia dan Afrika, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia siap menjadi mitra penting bagi Tanzania dan Zanzibar, karena negara tersebut memiliki pengalaman luas dalam pengelolaan bisnis, wisata bahari, dan konservasi lingkungan laut.

Selain itu, Menteri Gabungan Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga bertemu dengan Presiden Hussein Ali Mwinyi.

Jodi mengatakan: “Hasilnya antara lain sinergi terkait ekonomi hijau dan pariwisata.

Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara Afrika, termasuk Zanzibar, untuk memperkuat kerja sama di sektor-sektor strategis, termasuk ekonomi hijau yang cocok untuk negara kepulauan.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury disela-sela forum investasi kedua negara yang digelar pada IAF kedua mengungkapkan, peluang kerja sama kedua negara ada pada ekonomi biru termasuk pariwisata dan perhotelan, perikanan. dan pertanian, pembangunan infrastruktur pelabuhan, reklamasi kelautan, dan sektor minyak dan gas.

Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi menjelaskan, negaranya dan Indonesia memiliki banyak kesamaan dengan negara kepulauan tersebut, termasuk pengembangan sektor kelautan dan pelestarian lingkungan laut.

“Kami mengajak para pelaku usaha dan investor Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan sektor ekonomi selanjutnya di Zanzibar,” kata Presiden Mwinyi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours