Jababeka Sambut Baik Penerapan Aturan Sertifikat Elektronik

Estimated read time 2 min read

BEKASI – Awal Juni 2024, Kantor Pertanahan Kota Bekasi meluncurkan sertifikat elektronik. Jababeka menjadi satu-satunya pengembang yang diundang untuk menerima sertifikat elektronik.

Tujuan dari persetujuan elektronik adalah untuk mengurangi kendala dan kesalahan yang sering dilakukan masyarakat saat membeli rumah. Dilengkapi dengan kode QR, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi yang benar sehingga meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko terkait pemalsuan dan pemalsuan sertifikat.

Selain itu, teknologi membantu mempercepat proses pengambilan keputusan. Direktur Legal PT Graha Bapak Sikarang Robin Redan dalam jumpa pers, Kamis (4/7/2024) mengatakan, “Kota Jabbeka, kota mandiri berbasis teknologi, sangat senang dengan adanya peraturan ini.”

Jababeka House sendiri telah menyelenggarakan acara Customer Day pada Kamis (27/6/2024) bertajuk Discovering Electronic Akta-akta ini di toko Mayfair Jababeka terdekat dikota anda. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kota Jababika Sekrang tentang dokumen elektronik.

Dalam acara ini turut serta pula Manajer Pendaftaran dan Hak Pertanahan Bixi Rianto S.Tus, Koordinator Humas Kantor Pertanahan Bixi Arif Darmawan, Direktur KSP I Sahab Dost Sujati D. Arja. Pritama, dan notaris Danny Hayati.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Jababeka Cikarang memahami bahwa perubahan ini membantu dalam menjaga keamanan dokumen tanah masyarakat dari bencana. Misalnya banjir, kehilangan, kerusakan, bahkan kebakaran karena semua informasi tersimpan di database.

Bagi masyarakat yang masih memiliki kesamaan sertifikat rumah, tidak perlu khawatir karena keduanya tidak berbeda dari segi. Namun, untuk meningkatkan keamanan, warga diimbau beralih ke sertifikat elektronik.

Sebagai salah satu aset nasional terpenting Indonesia, kawasan ini mengutamakan keselamatan warganya. Apalagi kawasan ini tidak hanya dihuni oleh penduduk lokal tetapi juga oleh orang asing.

Peralihan ini berdampak positif pada peningkatan perlindungan dan kenyamanan hukum bagi warga negara atau calon pembeli haknya. “Meningkatnya kepercayaan masyarakat akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan memberikan dorongan bagi industri properti khususnya di kota Jababika Sekrang,” tambahnya.

Jababika tidak hanya memiliki tingkat keamanan dan sejarah yang tinggi sebagai perkembangan pertama, Kota Jababika di Sekrang juga mendukung aktivitas perekonomian bersama seluruh dunia. Dengan pendidikan, kesehatan, hiburan dan bisnis kelas dunia sehingga penghuninya dapat melakukan segala aktivitas dalam satu kawasan.

Merupakan kota TOD, menuju kota Jababeka dan menghubungkan masyarakat juga mudah, hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk mencapai Jakarta. Selain itu, pembangunan infrastruktur modern juga terus dilakukan, seperti MRT Cikarang-Balaraja Fase III dan LRT Jakarta-Cikarang yang nantinya akan ditutup di tengah kota Jababika.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours