Syarat, Materi Seleksi, dan Ketentuan Lulus Rekrutmen PPPK Guru 2024, Simak Yuk

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Demikian informasi mengenai persyaratan, materi seleksi, dan syarat lolos rekrutmen guru PPPK 2024 yang perlu diketahui para pejuang ASN. Hingga Kamis (22/8/2024), telah teridentifikasi sebanyak 1.031.554 pelatihan pegawai negeri dengan kontrak kerja (PPPK) tahun 2024. Termasuk pembentukan Jabatan Fungsional (JF) PPPK Guru 2024. Akan dibahas artikel selengkapnya, Simak!

Persyaratan guru PPPK 2024

Persyaratan PPPK untuk program magister tahun 2024 diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenPANRB) Nomor 348 Tahun 2024 tentang mekanisme seleksi pegawai negeri dengan kontrak kerja untuk jabatan fungsional guru pada instansi daerah untuk program magister tahun 2024. tahun anggaran 2024.

1. Calon guru PPPK 2024 adalah:

• Kandidat prioritas

• Mantan guru honorer kategori II (eks-THK II)

• Guru besar non-ASN di instansi daerah

• Ijazah Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang terdaftar di database kualifikasi PPG Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek).

2. Calon prioritas adalah peserta yang memenuhi ambang batas seleksi PPPK JF Guru tahun 2021 di instansi daerah dan belum pernah dinyatakan lulus seleksi PPPK JF Guru periode sebelumnya.

3. Mantan guru THK-II adalah pegawai yang terdaftar pada database eks THK-II di BKN dan aktif mengajar di instansi pemerintah.

4. Guru non-ASN pada instansi daerah terdiri atas:

– Pegawai yang terdaftar pada database pegawai non-ASN di BKN dan aktif mengajar pada instansi pemerintah

– Guru non-ASN pada sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik (Dapodik) Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah aktif mengajar di lembaga pengajaran tersebut minimal 2 tahun atau 4 semester terus menerus pada saat pendaftaran .

5. Calon guru PPPK JF hanya dapat mendaftar ke instansi pemerintah tempat mengajar pada saat mendaftar.

6. Calon prioritas yang berasal dari luar instansi pemerintah atau sekolah swasta memerlukan surat izin pimpinan badan, lembaga, atau yayasan untuk mengajukan seleksi PPPK JF Guru pada instansi daerah tahun anggaran 2024.

7. Pelamar PPPK JF Guru 22024 pada instansi daerah harus memiliki kualifikasi minimal berupa gelar Sarjana, D4 dan/atau sertifikat pendidik sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Tenaga Kependidikan dan Kependidikan (SE Direktur GTK Umum). ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1131/B.B1/HK.04.01/2024 tanggal 18 Maret 2024 tentang Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik dalam Pendaftaran Seleksi PPPK Guru JF Tahun 2024.

8. Khusus bagi pelamar yang melamar kebutuhan di Daerah Otonomi Khusus Provinsi Papua, berlaku ketentuan kualifikasi pendidikan sebagai berikut:

– Calon guru adalah guru TK, SD, pendidikan sederajat paket A dan guru sederajat yang mempunyai minimal gelar sarjana atau kualifikasi sederajat dan telah mengikuti pelatihan keguruan selama dua tahun.

– Apabila calon guru TK, SD, paket A, dan sederajat lolos seleksi PPPK 2024, maka instansi wajib menaikkan kualifikasi akademik guru tersebut ke jenjang sarjana atau D4.

9. Penyandang disabilitas yang mengajukan PPPK JF Guru dengan ketentuan sebagai berikut:

– Penyandang tunarungu tidak dapat mengajukan persyaratan PPPK sebagai Guru JF Bahasa Indonesia atau Guru Bahasa Inggris JF

– Penyandang disabilitas fisik tidak dapat mengajukan persyaratan pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan PPPK JF

– Penyandang disabilitas netra tidak dapat mengajukan persyaratan PPPK JF Seni Budaya

Seleksi keterampilan guru PPPK JF

Setelah lolos seleksi administrasi, peserta Rekrutmen Guru PPPK 2024 akan menjalani seleksi keterampilan. Aturan dan materi seleksi dapat Anda temukan di sini.

Aturan Seleksi PPPK Kompetensi Guru 2024

Proses seleksi keterampilan dan wawancara terdiri dari:

– Seleksi administrasi

– Pemilihan keterampilan manajemen

– Pemilihan kompetensi sosial budaya

– Wawancara

Seleksi keterampilan dan wawancara akan dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Durasi seleksi adalah:

– Seleksi keahlian 120 menit, khusus calon tunanetra dan sensorik 150 menit

– Wawancara 10 menit, khusus calon tunanetra, 15 menit.

Jumlah soal seluruhnya adalah 145 soal, dengan jumlah soal dan bobot tiap tes sebagai berikut:

– Pemilihan keterampilan teknis: 90 soal, jawaban benar bernilai 5, jawaban salah atau tidak bernilai 0

– Pemilihan keterampilan kepemimpinan: 25 pertanyaan, jawaban benar terendah adalah 1 dan tertinggi adalah 4, tidak ada jawaban adalah 0

– Seleksi Kompetensi Sosiokultural : 20 soal, jawaban benar terendah 1 dan tertinggi 4, tidak menjawab 0

– Wawancara: 10 pertanyaan, jawaban benar terendah 1 dan tertinggi 4, tidak ada jawaban 0.

Nilai seleksi kumulatif tertinggi adalah 670, dengan rincian:

– Rentang keterampilan teknis: 450

– Rentang keterampilan manajemen dan sosial budaya: 180

– Wawancara 40

Pemilihan keahlian bagi calon prioritas didasarkan pada hasil seleksi tahun 2021 apabila calon mempunyai sertifikat sebagai pendidik linier dengan jabatan yang dilamar dan terdaftar di database Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). ), akankah dia menerima skor tertinggi. sebesar 100 persen dari skor maksimal

Teknologi.

Pelamar dianggap lulus ujian jika memperoleh penempatan terbaik. Penentuan lolos seleksi pelamar berlaku berturut-turut pada:

– Calon prioritas yang melampaui ambang batas rekrutmen guru PPPK tahun 2021 dan tidak lolos seleksi tahun ini, dengan ketentuan sebagai berikut:

Mantan guru di THK-II

Guru non-ASN

Ijazah PPG

Guru swasta.

– Mantan guru THK-II

– Pegawai yang terdaftar dalam database kepegawaian bukan ASN di BKN dan aktif mengajar di instansi pemerintah

– Guru non-ASN pada sekolah negeri yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan telah aktif mengajar di lembaga pengajar minimal 2 tahun atau 4 semester terus menerus pada saat pendaftaran.

Lulusan PPG terdaftar di database gelar PPG Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Apabila calon telah mengikuti seluruh tahapan seleksi PPPK 2024 namun tidak mampu mengisi lowongan yang dibutuhkan, maka ia dapat dipertimbangkan untuk menjadi PPPK paruh waktu.

Perlunya calon menjadi PPPK paruh waktu diusulkan oleh Pejabat Pelayanan Publik (PPK) kepada Menteri PANRB.

Materi Seleksi Keterampilan PPPK 2024

1. Materi Keterampilan Teknis

Seleksi keterampilan teknis melibatkan penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku khusus yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk bidang teknis posisi tersebut.

2. Materi keterampilan manajemen

Seleksi kepemimpinan melibatkan penilaian komitmen, keterampilan dan perilaku individu dalam organisasi dengan mengukur dan mengamati:

– Integritas

– Kerjasama

– Komunikasi

– Orientasi hasil

– Pelayanan publik

– Perkembangan diri sendiri dan orang lain

– Kelola perubahan

– Keputusannya

3. Materi kompetensi sosiokultural

Pemilihan kompetensi sosiokultural menilai pengetahuan dan sikap terkait pengalaman menghadapi masyarakat yang berbeda agama, suku dan budaya, perilaku, pemahaman kebangsaan, etika, nilai, moral, emosi dan prinsip. Berikut bahan pilihannya:

– Sensitivitas terhadap keberagaman

– Kemampuan bersosialisasi

– Sensitivitas terhadap pentingnya persatuan

– Empati

4. Materi wawancara

Wawancara menilai integritas dan moral, antara lain:

– Kejujuran

– Komitmen

– Keadilan

– Etika

– Kepatuhan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours