Jejak Reshuffle Kabinet Era Jokowi-Ma’ruf Amin

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Perbincangan mengenai reshuffle pemerintahan jelang lengsernya Presiden Joko Widodo semakin marak. Beberapa menteri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diduga diganti.

Meski DPR berkali-kali menolak isu reshuffle kabinet, nyatanya kabar pergantian menteri senior kabinet di Indonesia tak kunjung reda. Selain itu, Presiden Joko dalam pernyataan terbarunya menegaskan, dirinya masih mempunyai hak prerogratif untuk melakukan perombakan kabinet.

“Iya kalau perlu, kalau perlu. Saya sudah sampaikan dari dulu, kalau perlu saya tetap punya keistimewaan ini,” kata Jokowi saat meninjau PSSI di IKN, Kaltim, Selasa (13/8/2024). pusat pelatihan.

Setelah Ketua Umum Partai Demokrat Partai Progresif Si Taurus membeberkan kabar terkini, isu reshuffle kabinet semakin mendekati kenyataan. Kabar pertama yang kita dengar, Arifin Tasrif, Menteri ESDM yang direkomendasikan PDIP, diganti.

Nah, sekarang kita tambah informasi lagi, yang ada nama Pak Laoly (Menkumham Yasonna H Laoly) dan Bu Bintang (Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati). Kita belum tahu yang mana, Deddy kepada wartawan, Selasa (13 Agustus 2024).

Deidi mengatakan, PDIP tetap berkomitmen menjaga pemerintahan Jokowi hingga akhir. Meski demikian, ia juga mengakui bahwa perombakan kabinet merupakan hak prerogratif presiden.

“Kecuali jika Anda merasa tidak membutuhkannya lagi. Kalau Anda tidak membutuhkannya lagi, itu hak prerogratif Anda, move on. Kami tidak ada masalah, tapi kami tidak akan mundur dari komitmen kami,” tuturnya. .

Lima perombakan pemerintahan Pergantian menteri bukanlah hal baru bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sejak berkuasa pada tahun 2014, Jokowi telah beberapa kali melakukan perombakan pemerintahan. Bahkan pada periode kedua kepemimpinan Jokowi yang dipimpin Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sudah terjadi lima kali perombakan pemerintahan sejak tahun 2019 hingga saat ini.

Pemberhentian menteri dilakukan Joko Ma’ruf Amin dengan berbagai alasan. Beberapa diantaranya disebabkan oleh kinerja, tuntutan hukum, atau bahkan akomodasi yang dilakukan oleh partai-partai yang tergabung dalam koalisi pemerintahan. Lantas, kapan Joko-Ma’ruf Amin akan merombak kabinetnya? Berikut kronologinya:

1. 23 Desember 2020 Kabinet garis depan Indonesia dibentuk oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada 23 Oktober 2019. Kabinet Joko-Ma’ruf terdiri dari 4 menteri koordinator dan 30 menteri.

Satu tahun berlalu, tepatnya pada 23 Desember 2020, Presiden Joko melakukan reshuffle pemerintahan pertama di periode keduanya. Ada enam menteri di DPR. Tri Rismaharini masing-masing menggantikan Juliani Batubara sebagai Menteri Sosial. Sandiaga Uno menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin diangkat menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto. Yaqut Cholil Qoumas menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag). Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Muhammad Lutfi menggantikan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan (Mendag)

Pada hari yang sama, Jokowi juga melantik lima wakil menteri, yakni Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), menggantikan Sakti Wahyu Trenggono, Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN), menggantikan Budi Gunadi Sadikin, Dante Saxono Ha. Dante Saksono Harbuwono menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN). Wakil Menteri Kesehatan. Harvick Hasnul Qolbi menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) dan Edward Omar Sharif Hiariej menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham).

2. Pada tanggal 28 April 2021, Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet baru dan mengangkat dua menteri berdasarkan hasil penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Investasi dan Pelatihan. 28 April 2021. .

Sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia menjabat sebagai Menteri Investasi dan Kepala BKPM.

3. 15 Juni 2022 Presiden Joko Widodo kembali melakukan perombakan kabinet pada 15 Juni 2022 dengan mengganti dua menteri. Zulkifli Hassan diangkat menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Mohammad Lutfi. sementara

Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri Pertanahan dan Tata Ruang/Direktur Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Direktur BPN).

Pada hari yang sama, Presiden Joko juga melantik tiga wakil menteri. Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/pengganti Surya Tjandra, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker).

4. 17 Juli 2023 Pada 17 Juli 2023, Joko kembali merombak 1 menteri dan 5 wakil menteri. Budi Arie Setiadi ditunjuk menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), menggantikan Johnny G Plate. Nezar Patria kemudian diangkat menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), dan Paiman Raharjo menggantikan Budi Arie Setiadi sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).

Selanjutnya Rosan Roeslani diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN menggantikan Pahala Mansury; Pahala Mansury menggantikan Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenloo); Saiful Rahmat Dasuki menggantikan Zainut Tauhid Sa’adi sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag);

5. Pada tanggal 21 Februari 2024, Presiden RI Joko melakukan reorganisasi kembali kabinetnya. Ia mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto, serta mengangkat Hadi Tjahjanto Tjahjanto) sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), menggantikan MD Mahfud.

Pergantian Menteri Selain Perombakan Selain perombakan kabinet, Presiden Joko juga pernah melakukan pergantian menteri karena ada menteri yang meninggal dunia atau mengundurkan diri. Pada 7 September 2022, Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), menggantikan Jadjo Kumollo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Pada 3 April 2023, Jokowi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri karena terpilih menjadi Wakil Presiden PSSI Amali).

Selanjutnya pada 25 Oktober 2023, Amran Sulaiman dilantik menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri.

Terakhir, Presiden Joko Widodo melantik tiga wakil menteri pada 18 Juli 2024. Sudariono diangkat menjadi Wakil Menteri Pertanian (Warmentan) menggantikan Havik Hasnur Kulbbi. Thomas Djiwandono menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan II dan Yuliot Tanjung menjabat sebagai Wakil Menteri Investasi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours