Deretan Gubernur Jakarta Lulusan UGM, Nomor 3 Langkahnya Terancam Terhenti di Pilkada 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Inilah tiga Gubernur Jakarta jebolan UGM. Ada yang lulusan dan ada pula yang merupakan mahasiswa PhD dari berbagai perguruan tinggi.

Baca juga: 4 Gubernur Jakarta Era Jokowi, dari Ahok hingga Heru Budi

Jakarta akan menjadi kota penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024 bersama 37 provinsi dan 508 daerah perkotaan lainnya.

Adapun calon pemimpin Jakarta, ada tiga gubernur Jakarta yang sama-sama lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM). Dikutip dari berbagai sumber, Gubernur Jakarta selanjutnya adalah lulusan UGM.

3 Gubernur Jakarta Lulus UGM1. Joko Widodo (Jokowi)

Joko Widodo, presiden ketujuh Republik Indonesia yang masa jabatannya akan berakhir tahun ini, merupakan mantan Gubernur Jakarta yang terpilih pada tahun 2012 sebelum terpilih menjadi presiden pada pemilihan presiden tahun 2014.

Baca Juga: Pilkada Jakarta, Gibran: Doa Terbaik untuk Kaesang, Pak RK, Anies

Jokowi, mantan Wali Kota Solo, kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961, merupakan lulusan Fakultas Kehutanan UGM.

Statusnya sebagai alumnus UGM sempat dipertanyakan dan menjadi kontroversi. Namun Rektor UGM mengklarifikasi bahwa Jokowi memang lulus dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985, sesuai dengan catatan dan rekam jejak UGM.

2. Jarot Saiful Hidayat

Djarot Syaiful Hidayat merupakan mantan Penjabat Gubernur Jakarta sejak 9 Mei 2017 menggantikan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang divonis dua tahun penjara karena kasus penodaan agama.

Baca Juga: 4 Gubernur DKI yang Mantan Wagub, Mulai dari Henk Nunjung hingga Djarot Saiful Hidayat

Politisi PDIP ini hanya menjabat gubernur selama kurang lebih empat bulan dan merupakan salah satu gubernur terpendek di Jakarta.

Mantan Wali Kota Blitar ini menempuh studi S1 ​​di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Beliau kemudian memperoleh gelar Magister (S2) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UGM pada tahun 1991.

3.Anies Baswedan

Pria bernama lengkap Anies Rasyid Baswedan ini lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969 dan juga merupakan cucu dari pahlawan nasional Abdurrahman Baswedan atau populer dengan sebutan AR Baswedan.

Anies lulus dari Fakultas Ekonomi UGM pada tahun 1989. Anies melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat, tepatnya di University of Maryland dan Northern Illinois University. Anies menjabat sebagai Gubernur Jakarta pada 2017-2022.

Baca juga: Anies Baswedan Makin Terancam Tak Bisa Ikut Pilkada di Jakarta

Jelang Pilkada Jakarta 2024, Anies yang sebelumnya diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mencalonkan diri pada Pilgub DKI Jakarta, terancam terhenti kiprahnya menyusul kecenderungan PKS yang bergabung dengan koalisi Progresif Indonesia (KIM) dan berganti dukungan. . dari Anies.

Dengan demikian, tiga Gubernur Jakarta telah diwisuda dari UGM. Kami harap informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours