Round Up — Kompetisi kian sengit jelang pembukaan PON XXI Aceh-Sumut

Estimated read time 4 min read

JAKARTA (ANTARA) – Kurang dari 24 jam lagi pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI akan berlangsung dan persaingan antara Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta semakin memanas.

Sejumlah cabang olahraga dikuasai Jawa Timur dengan raihan 19 emas, 11 perak, dan 12 perunggu, total 42 medali. Di posisi kedua perolehan medali, Jawa Barat meraih 12 emas, namun lebih banyak medalinya dibandingkan Jawa Timur dengan 15 perak dan 17 perunggu atau 44 medali. Sedangkan Jakarta tertinggal dari Jawa Timur dan Jawa Barat dengan 10 emas, 19 perak, dan 7 perunggu.

Selain tiga provinsi pertama, disusul tim tuan rumah dengan Aceh di peringkat keempat dengan perolehan 10 medali emas, 7 perak, dan 5 perunggu. Sedangkan Sumut di peringkat kelima dengan 9 emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

Bukan sekedar percikan lagi, persaingan semakin memanas. Bahkan, api sudah berkobar di dada para pemain sebelum nyala obor PON menyulut api kaleng pada pembukaan PON XXI di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh.

Jawa Timur kokoh di peringkat dengan perolehan medali emas dari berbagai cabang olahraga. Kemarin, Jawa Timur mengamankan emas di cabang aerobik, selam, drum, dan muay thai.

Sehari sebelumnya, wilayah Jatim juga mengukuhkan emas pada cabang olahraga sepeda, panjat tebing, senam profesional, angkat besi, dan paramotor.

Meski menduduki peringkat teratas, Jawa Timur juga mendapat perlawanan dari tim provinsi lain sehingga menghadirkan persaingan ketat di PON XXI. Tim futsal Jatim kalah pada final futsal putra di Kalimantan Timur. Khususnya DKI Jakarta dan Jawa Barat yang menjadi rival tim asal provinsi timur Pulau Jawa tersebut.

Pilihan medali emas Jatim, medali perak Aceh, dan medali perunggu Kaltara pada PON XXI Kecepatan​​​​​​​​​​9/9/9/2024 Minggu (8/9/2024) ANTARA/ Harianto

Namun banyaknya perolehan medali emas dari beberapa daerah lain menunjukkan sebaran bakat olahraga dari berbagai disiplin ilmu di beberapa daerah di Indonesia.

Katakanlah tim tuan rumah, Aceh, berpeluang menjadi juara kelas berat dan tiga medali emas. Jadi Sumut juga berprestasi di cabang barongsai dengan mengoleksi empat medali emas. Cabang olah raga ini biasa di adakan di olimpiade angkat besi yang juga mempunyai peluang di berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Papua, Lampung dan Kalimantan Timur.

Olahraga kano juga berpeluang lewat emas yang diraih Jawa Barat, Kalimantan Selatan, pegunungan Papua, dan Papua Barat.

Perkembangan kompetisi olahraga memang akan terus bermunculan, terlebih lagi setelah PON XXI resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Berikutnya: Berbagai persiapan

Berbagai persiapan

Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) selaku penyelenggara pun telah menyiapkan berbagai pusat dukungan demi menyukseskan pesta akbar Tanah Air tersebut.

PB PON Sumut menyediakan 20 news site atau situs media yang meliput PON XXI 2024 di Provinsi Sumut yang tersebar di berbagai wilayah pertandingan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut sekaligus Kabag Humas, Periklanan, Informasi dan Teknologi PB PON Wilayah Sumut Ilias Sitoros mengatakan, Media Center PON XXI Sumut dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan tersebut. karya jurnalis yang meliput acara tahunan ini empat . Berdasarkan data jurnalis yang terdaftar, PON XXI Provinsi Sumut diliput 700 jurnalis.

“Kami membuat utilitas, WiFi, service counter dan utilitas di 20 lokasi tersebut,” kata Ilyas.

Terkait sarana transportasi, Dinas Perhubungan Sumut juga mencatat akan disediakan 360 bus untuk mendukung pergerakan atlet, ofisial, dan panitia perencanaan pada PON 2024.

Sebagian besar peserta menaiki bus yang disediakan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut di Kolam Selyang, Medan, Rabu (4/9/2024). (Antra/Muhammad Ramadhan)

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinos Panjaitan mengatakan, kondisi bus tersebut dipastikan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh armada bus di ruas jalan terkait.

Alat-alat yang dimaksud beroperasi secara legal mulai 5 September hingga 21 September, kata Agostinos.

Meski upacara pembukaan PON XXI 2024 digelar di Banda Aceh, Provinsi Sumatera Utara juga menggelar upacara pembukaan di Kabupaten Deli Serdang untuk tetap menghidupkan api kepentingan olahraga nasional.

Ketua Bidang Upacara Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Wilayah XXI Sumut Mahfullah P Daulay mengatakan, pembukaan PON 2024 di wilayah tersebut juga akan digelar dengan penuh kegembiraan, dibandingkan pembukaan di Aceh.

Pasalnya, PB PON Sumut tak mau kehilangan tenaga untuk merayakan pembukaan bersejarah Pekan Olahraga Nasional wilayah terbesar di Pulau Sumut itu.

Jadi pada pembukaan Stadion Bahrodin Sirgar Lubok Pakam Kabupaten Deli Serdang, kata Mahapola.

Pembukaan acara akan dimulai pada pukul 15.00 WIB dengan berbagai hiburan permainan, dan permainan online akan dilaksanakan pada pukul 20.30 WIB atau bersamaan di kedua wilayah tersebut.

Berbagai kuis, undian atau fun games juga dilakukan untuk menarik minat masyarakat. Fantia telah membagikan hadiah-hadiah menarik seperti sebuah mobil, lima buah sepeda motor, sebuah kulkas dan masih banyak lagi.

Kapasitas penonton pada acara pembukaan PON XXI Sumut ditetapkan sebanyak 5.080 kursi yang terdiri dari masyarakat, ofisial, dan tamu undangan.

Masyarakat diajak untuk mengikuti grand opening festival empat tahunan ini dan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki tiket. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket pada acara pembukaan di Stadion Baharudin Sirgar Lubok Pakam, Serdang Deli, panitia juga menyiapkan videotron berukuran besar di luar stadion untuk ditonton.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours