Atasi Banjir Jakarta, Ridwan Kamil – Suswono Bakal Beli Lahan untuk Waduk

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Suswono punya program membeli lahan untuk dijadikan waduk penahan air, guna meminimalisir banjir di Jakarta. Hal itu diungkapkannya usai menjenguk warga Kebon Pala, Jakarta Timur, yang mengeluhkan wilayahnya rawan banjir.

“Dalam rangka mengatasi banjir ini dari hulu ya, kita akan bersinergi dengan wilayah selatan, bahkan mungkin dengan Cianjur, yaitu membeli tanah di sana untuk dijadikan tempat penyimpanan. Artinya, mencegah aliran air dari selatan ke hulu. langsung ke Jakarta, minimal diblokir, kata Suswono, Senin (9/9/2024).

Menurut dia, program tersebut juga berhasil dilakukan calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil saat menjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar).

“Kemarin dengan beberapa bendungan yang dibangun pada masa Pak Ridwan Kamil menjadi gubernur, katanya berdasarkan data yang ada mampu menampung 30 persen, sehingga air yang biasanya mengalir langsung ke Jakarta terhambat,” lanjutnya.

Sementara jika dibangun waduk di wilayah selatan, maka di Jakarta akan lebih banyak biopori dan sumur resapan. Hal ini menjadi solusi untuk menghambat aliran air sebelum mencapai wilayah utara.

“Di Jakarta sendiri tentunya jumlah biopori dan sumur resapan harus diperbanyak. Setidaknya agar terhambat saat menuju ke utara,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah menerima rencana pembangunan tanggul laut raksasa di pantai utara Jakarta sesuai gagasan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Langkah ini diambil sebagai solusi atas tantangan kenaikan permukaan air laut yang terus mengancam wilayah pesisir.

Artinya bendungan besar di utara juga akan menampung gelombang pasang kan? Artinya air laut ya, karena Jakarta sekarang terendam air laut ya, tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours