Megawati dan SBY Kompak Tak Akan Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Presiden ke-5 RI Megawati Suekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak akan menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN). Kepastian ketidakhadiran Megawati dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Hasto mengungkapkan, di hari bersejarah itu, PDIP juga berencana menggelar upacara bendera merah putih di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Batavia Selatan. Hasto mengatakan, banyak permintaan dari kader partai agar Megawati hadir dan memimpin upacara.

Kali ini ada permintaan dari kader PDI Perjuangan agar Bu Mega mau ikut Pesta Sekolah. Jadi nanti Bu Mega yang putuskan,” kata Hasto, Jumat (9/8/2024).

Disinggung lebih lanjut apakah Megawati harus absen dalam upacara publik di IKN, Hasto menjelaskan, dirinya hanya akan melanjutkan keinginan kader partai.

“Kami sempat rapat dengan teman-teman di Batavia, Bu Mega sudah siap menghadiri pesta sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, ketidakhadiran SBY langsung diungkapkan putranya yang juga Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ia mengatakan, SBY sedang menghadiri upacara HUT RI ke-79 di Pacitan, kampung halamannya.

Kalau namanya aksinya sudah direncanakan jauh-jauh hari, upacaranya di Pasitan, jadi di negaranya, kata Ahi usai mengikuti sidang paripurna I IKN, Senin (12/8/2024).

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan, seluruh mantan presiden dan wakil presiden RI akan diundang menghadiri upacara memperingati momen pengumuman tersebut. Surat undangan kepada tokoh resmi.

Ia praktis mengatakan tak ingin ikut serta dalam tokoh-tokoh partainya. Pihak Istana juga membantu jika mantan presiden dan wakil presiden ingin menggelar upacara di Batavia.

“Kalau ada yang sulit, kita buka meski tidak hadir di IKN, tapi hadir di Batavia,” kata Pratikno di Kantor Sekretariat Negara, Batavia, Kamis (1/8/2024).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours