Cegah keinginan bunuh diri dengan menjaga tubuh tetap aktif

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Psikolog klinis anak dan keluarga Anna Surti Ariani S.Psi M.Si mengatakan, menjaga tubuh tetap aktif dan terpapar sinar matahari dapat menjadi cara pertolongan pertama untuk mencegah pikiran bunuh diri sebelum mendapatkan perawatan profesional.

“Bergerak dengan tubuh yang masih aktif, seperti jalan pagi di bawah sinar matahari atau bermain di luar atau sibuk membersihkan rumah atau apa pun, biasanya melancarkan sirkulasi,” kata teman psikolog itu. panggil Nina saat dihubungi ANTARA Jakarta, Selasa.

Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK) ini mengatakan, olahraga membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari risiko bunuh diri. Apalagi jika Anda aktif dan terpapar sinar matahari, Anda juga akan mendapatkan vitamin D yang membantu membuat tubuh lebih nyaman.

Selain menyibukkan aktivitas, Nina juga mengatakan bahwa mengonsumsi makanan sehat dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak energi positif sehingga mengurangi risiko atau niat untuk bunuh diri.

“Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat justru memberikan stres pada tubuh kita, sedangkan mengonsumsi makanan sehat, terutama makanan asli, ibarat menambahkan bahan bakar positif untuk membuat kita lebih sehat,” ujar psikolog di Institute of Applied Psychology. Universitas Indonesia (LPTUI).

Nina mengatakan, seseorang yang sedang mengalami masalah hendaknya menceritakan kepada orang lain mengenai tekanan yang dialaminya.

Dikatakannya, terkadang Anda tidak tahu bagaimana cara menghadapi masalah yang muncul, namun dengan bercerita Anda bisa menata ulang diri dan mendapatkan sudut pandang baru terhadap masalah tersebut.

Menurut Nina, bercerita bisa mengurangi perasaan depresi atau stres, meski lawan bicaranya tidak bisa memberikan solusi atas masalahnya.

Nina juga mengatakan, bercerita dapat memberikan pemahaman baru tentang apa yang harus berhenti dipikirkan dan melihat sisi baik dan buruknya suatu masalah.

“Sebenarnya penting juga untuk memikirkan hal-hal positif tentang diri kita sendiri, jadi terkadang kita berpikir kita buruk, kita rindu ini atau itu, kita mencoba memikirkan sesuatu yang patut disyukuri atau sesuatu yang positif tentang diri kita, yang seringkali sangat membantu. ” kata Nina..​​​​​​​​​

Nina mengatakan, kondisi seseorang yang memiliki pikiran untuk bunuh diri harus ditanggapi dengan serius dan diawasi. Jangan takut untuk mencari pengobatan profesional dari psikolog klinis, psikiater atau konselor jika yang Anda lakukan tidak membantu, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours