Perjalanan 55 Tahun, Ajinomoto Perkuat Komitmen untuk Hadirkan Dampak Positif bagi Indonesia

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Ajinomoto Indonesia Group yang hadir di Indonesia sejak Juli 1969 terus berinovasi dan menawarkan berbagai lini produk. Didukung lebih dari 3.500 karyawan ahli dan berpengalaman, Ajinomoto Indonesia Group membantu masyarakat menciptakan makanan lezat dan bergizi untuk mendukung penerapan gaya hidup sehat.

Ajinomoto terkenal dengan masakan keluarga yang lezat dan melayani kebutuhan hotel, restoran, dan katering.

“Didirikan sebagai perusahaan patungan Ajinomoto Global Group (Ajinomoto Co., Inc) yang berkantor pusat di Jepang, Ajinomoto Indonesia Group menganut Ajinomoto Shared Value (ASV), dengan fokus pada dasar-dasar kesehatan, kebugaran, dan sumber makanan. Presiden Naoto Minemura mengatakan , “Ajinomoto Dengan motto global Eat Well, Live Well, Ajinomoto bertujuan untuk terus memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kehidupan sehat masyarakat Indonesia dengan bergerak menuju bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” ujar PT Ajinomoto Indonesia.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, Ajinomoto Indonesia mentransformasikan seluruh karyawannya menjadi Health Provider. Health Provider merupakan proyek pengembangan bersama Ajinomoto Indonesia Group yang mencakup kegiatan yang mendukung kesehatan masyarakat dan perlindungan lingkungan,” lanjutnya.

Mendampingi keluarga Indonesia selama 55 tahun, Ajinomoto selalu berkomitmen menyediakan produk berkualitas tinggi dengan jaminan halal. Hal ini ditunjukkan dengan tindakan mereka yang tetap menggunakan Sistem Jaminan Halal (SJH) di seluruh pabriknya, serta memperoleh sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan LPPOM. Ajinomoto telah berhasil memperoleh sertifikasi SJH yang dikeluarkan oleh LPPOM.

Bagi Ajinomoto, nutrisi yang baik merupakan investasi penting dalam pengembangan generasi masa depan. Anak-anak Indonesia membutuhkan pola makan yang sehat dan seimbang untuk tumbuh dan berkembang secara mental dan fisik. Agar Indonesia menjadi bangsa yang kuat.

School Lunch Program (SLP) merupakan salah satu program Ajinomoto untuk meningkatkan gizi guna mencegah malnutrisi pada anak usia sekolah. Mereka bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan menjalankan program SLP yang diterapkan di berbagai pesantren.

SLP telah berjalan sejak tahun 2018. Berkat program ini, hasil positif dicapai dengan menurunkan angka anemia siswa sebesar 20%, meningkatkan asupan makanan sebesar 20%, dan meningkatkan pengetahuan pangan sebesar 50%.

Ajinomoto Indonesia tidak hanya merawat anak-anak usia sekolah, tetapi juga para lansia melalui Senior Citizens Program-nya. Mulai tahun 2021, penelitian akan mulai menentukan apakah menyediakan pola makan sehat yang mengandung protein namun rendah garam, gula dan lemak, namun lezat, dapat meningkatkan kesehatan lansia dan mendorong pertumbuhan penduduk. keindahan hidup.

Ajinomoto Indonesia juga rutin menyelenggarakan serangkaian acara edukasi mengenai masalah kesehatan terkait penggunaan umami dalam MSG pada makanan. Umami dalam MSG dapat digunakan sebagai pemanis untuk meningkatkan cita rasa makanan, membantu meningkatkan asupan nutrisi, dan juga membantu mengurangi penggunaan garam dalam makanan. Penggunaan MSG dalam makanan dapat mendukung strategi diet rendah garam, sehingga membantu mengendalikan asupan natrium berlebih, yang dapat menimbulkan risiko bagi jantung dan tekanan darah.

Peran MSG dalam strategi diet rendah garam juga didukung oleh banyak jurnal ilmiah. Sebuah jurnal ilmiah menyebutkan bahwa mengurangi penggunaan garam meja dan menambahkan sedikit MSG pada masakan dapat menurunkan kadar natrium hingga 30% karena natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium normal. garam meja. Ajinomoto mengemas informasi ini ke dalam kampanye Wise Salt.

Dalam rangka menjangkau masyarakat luas, Praktisi Kesehatan Ajinomoto menyelenggarakan GEMBIRA (Gerakan Memasak Bergizi Praktisi Kesehatan Ajinomoto), yaitu acara edukasi konsep makan sehat dan pemanfaatan Garam Hikmah disertai teknik memasak, agar semakin mendekatkan masyarakat. Kehidupan sehari-hari peserta sasaran yaitu ibu-ibu PKK. Sejauh ini, lebih dari 5.900 ibu-ibu PKK telah mengikuti GEMBIRA yang diselenggarakan sejak tahun 2022 di 20 provinsi.

Selain berupaya meningkatkan angka harapan hidup sehat masyarakat Indonesia, Ajinomoto juga membantu memperbaiki permasalahan lingkungan seperti kualitas udara yang buruk dan sampah plastik. Salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan hingga mencapai titik nol (Zero Waste) dilakukan dengan meningkatkan efisiensi produksi dari atas ke bawah pada lini produksi yang ada di pabrik Ajinomoto.

Dengan teknologinya, Ajinomoto menggunakan bahan baku secara efektif dan efektif dalam penggunaan air. Dalam proses ini Ajinomoto mengubah limbah produksi menjadi produk sampingan hingga mencapai dasar yaitu produksi produk utama, kemudian diolah kembali menjadi produk samping seperti AJIFOL (pupuk daun) dan AMINA. (pupuk tanah) dan FML (pakan tambahan ternak) yang berguna di bidang pertanian dan peternakan. Ajinomoto menerapkan metode ini sebagai praktik ekonomi sirkular untuk menciptakan proses produksi yang unik.

Untuk membantu mengurangi polusi udara akibat emisi karbon, Ajinomoto tidak menggunakan batu bara sebagai bahan bakar mesin boilernya sejak Oktober 2023 dan sebagai gantinya menggunakan biomassa yang hemat energi, dengan menggunakan pelet kayu (limbah pertanian) sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesin boilernya. Berdasarkan upaya ini dan efisiensi penggunaan energi dengan panel surya di pabriknya di Mojokerto dan Karawang, Ajinomoto Indonesia Group mampu mengurangi 112.679 ton CO2/tahun pada tahun 2023. Ajinomoto Indonesia Group bertujuan untuk mengurangi CO2 sebesar ± 211.000 ton per tahun pada tahun 2030.

Kemudian, untuk mengatasi permasalahan penanganan sampah plastik yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahunnya di Indonesia, Ajinomoto Indonesia Group membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai upaya, seperti mengurangi bahan plastik di awal bagian dan membuang sampah plastik di bagian awal. bagian dalam. bagian plastik. Dalam Merek Masako.

Selain itu, Ajinomoto juga mengembangkan produk kemasan kertas baru yang dapat mengurangi penggunaan bahan plastik pada produk AJI-NO-MOTO MSG hingga 30%. Tak hanya itu, untuk memastikan keterlibatan masyarakat yang lebih besar dalam pengelolaan sampah plastik, Ajinomoto bekerja sama dengan salah satu platform layanan daur ulang di Pasar Sememi Surabaya. Ajinomoto berharap proyek lingkungan hidup yang sedang berjalan dapat mendorong banyak pihak untuk mensukseskan perlindungan lingkungan hidup di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours