Spesifikasi Iron Beam, Artileri Pertahanan Udara Israel Pengganti Iron Dome

Estimated read time 2 min read

ISRAEL – Sinar besi adalah senjata laser ampuh yang dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Israel, Rafael Advanced Defense Systems, untuk digunakan oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Sistem tenaganya berkekuatan sekitar 100kW dan dimaksudkan untuk menjadi bagian dari sistem pertahanan multi-generasi Israel.

Pengembangan Iron Horn Proyek Iron Horn pertama kali diumumkan di Singapore Air Show pada bulan Februari 2014.

Sistem ini dirancang untuk melengkapi sistem pertahanan yang ada di Israel, seperti Iron Dome, untuk melindungi tentara dan warga sipil dari serangan udara garis depan, seperti drone, roket, dan mortir jarak pendek.

Rafael juga meluncurkan versi senjata ini pada Mei 2023 di Pameran Pertahanan Maritim Internasional (IMDEX) di Singapura.

Besaran balok besi diperbesar untuk menghadapi konflik yang semakin meningkat, terutama dengan Hamas pada Oktober 2023.

Semula sistem ini seharusnya masuk pada tahun 2025, namun karena kebutuhan mendesak, pengembangannya dipercepat.

Pada bulan Maret 2022, pemerintah Israel menyetujui alokasi dana untuk mempromosikan produksi inti besi bekerja sama dengan Elbit Systems. Rafael juga bermitra dengan Lockheed Martin, sebuah perusahaan dirgantara yang berbasis di Amerika Serikat, untuk bersama-sama mengembangkan dan menguji sistem laser ini.

Sistem dan Operasi Iron Beam Iron Beam adalah sistem berbasis permukaan yang menggunakan energi laser untuk menghancurkan ancaman udara dengan presisi tinggi. Beberapa komponen terpenting dari sistem ini termasuk radar pertahanan udara, unit kendali unit (C2), dan dua sistem laser canggih (HEL). Sistem ini dapat menangani berbagai ancaman pada jarak beberapa ratus meter hingga beberapa kilometer.

Meskipun mengalami kemajuan pesat, kinerja Iron Bim dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca buruk, seperti debu tebal, kabut, dan awan rendah, yang dapat mengganggu kemampuan laser untuk melawan ancaman.

Fungsionalitas Salah satu keunggulan utama balok besi adalah kecepatannya dalam menjatuhkan target dengan kecepatan cahaya.

Sistem ini juga memiliki biaya per injeksi yang sangat rendah, hanya sekitar $3,50, dan tidak menimbulkan banyak kerusakan. Iron Beam diharapkan menjadi bagian tercanggih dari sistem pertahanan udara Israel, terutama untuk menghadapi ancaman di luar jangkauan Iron Dome.

Sistem ini dirancang untuk memperlambat rudal menggunakan dua laser yang ditujukan sedikit untuk menghancurkan target. Selain itu, teknologi laser tetap yang digunakan pada Iron Beam didasarkan pada energi listrik, sehingga pengoperasiannya senyap dan efisien.

Oleh karena itu, iron beam merupakan salah satu produk unggulan dalam teknologi pertahanan udara, memberikan respon efektif dalam pertahanan wilayah Israel terhadap berbagai ancaman udara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours