Mike Trimby dinobatkan sebagai legenda MotoGP

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Legenda MotoGP Mike Trimby dinobatkan sebagai legenda MotoGP setelah dilantik ke dalam Hall of Fame Grand Prix Inggris di Silverstone, Jumat.

Trimby, yang meninggal pada tahun 2023, menjadi legenda pertama yang mendapat pujian penuh atas kerja kerasnya di trek.

Trimby adalah pendiri dan presiden IRTA, menjadikannya salah satu tokoh terpenting dalam sejarah sepeda motor Grand Prix dan berperan penting dalam membentuk olahraga MotoGP.

“Ini momen spesial bagi saya karena Mike adalah non-pembalap pertama yang menjadi bagian dari legenda MotoGP,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dalam keterangan resmi MotoGP.

Trimby memulai karirnya sebagai pembalap dan mekanik pada tahun 1960an, namun segera mulai muncul sebagai sosok penting di lintasan dan pada akhir tahun 1970an memantapkan dirinya sebagai sosok penting.

Pada tahun 1982, para pembalap resmi meminta Trimby menjadi wakilnya, yang selanjutnya dibentuk dengan terbentuknya International Road Teams Association (IRTA) pada tahun 1986 dengan Trimby sebagai pemimpinnya.

Sebagai pendukung pembalap dan tim, IRTA tetap menjadi bagian penting dalam olahraga ini. Banyak kemajuan dalam bidang keselamatan yang telah dicapai sejak organisasi ini didirikan adalah berkat upaya yang dilakukan oleh Trimby, istrinya Irene, dan IRTA.

Tahun 1992 juga menandai dimulainya kolaborasi antara FIM, IRTA dan Dorna Sports, yang sangat bergantung pada fondasi yang dibangun IRTA dalam sepuluh tahun terakhir, memberikan kesempatan kepada pembalap dan tim untuk mengekspresikan diri.

Trimby telah bergabung dengan daftar legenda MotoGP lainnya di Hall of Fame seperti Giacomo Agostini, Andrea Dovizioso, Geoff Duke, Wayne Gardner, Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, Angel Nieto, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours