Pegadaian sebut harga emas bisa tembus Rp1,5 juta per gram tahun ini

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Vice President Senior Innovation Center PT Pegadaian Ferry Hariawan memperkirakan pergerakan harga emas bisa mencapai Rp 1,5 juta per gram pada tahun 2024.

“Penolakan ya, kami penjual, jadi saya baca salah satu analisis dari Bareksa, jadi ada perkiraan dari berbagai analis investasi, pungkas mereka. Mereka memperkirakan harganya bisa mencapai harga itu (1,5 juta kip per gram). Iya, ini tahun, kata Ferry usai acara peluncuran produk CIMB Niaga ‘Segera Kaya Octo Mobile x Pegadaian’ di Jakarta, Selasa.

Ferry menjelaskan, ada banyak emosi yang akan mempengaruhi kenaikan harga emas ke depan.

Pertama, seiring dengan langkah bank sentral Amerika Serikat atau The Fed yang diprediksi mulai memangkas suku bunga acuan pada kuartal III 2024, ia meyakini investor akan beralih ke emas sebagai aset yang aman atau terjamin.

Lalu, sentimen kedua, investor masih memilih berinvestasi pada emas di tengah ketegangan geopolitik yang belum mereda.

Selain itu, lanjut Ferry, pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Indonesia dan pemilihan umum (Pemilu) yang sedang berlangsung di negara lain juga menjadi faktor pendorong pergerakan harga emas.

“The Fed memangkas suku bunga dalam tiga langkah. Dengan penurunan suku bunga, masyarakat beralih ke aset safe-haven (komoditas), emas. Selain itu, tensi geopolitik yang masih belum menentu. Geopolitik bukan hanya pilkada, tidak hanya di Indonesia, termasuk (pemilu) di banyak negara di dunia, jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan transformasi emas menjadi aset safe-haven juga terjadi pada masa pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu. Saat itu transaksi emas bisa mencapai 2 ton.

“Jadi kalau kita melihat sejarah, pada masa pandemi, transaksi penjualan emas adalah pada masa Covid-19, saat masyarakat tidak bisa keluar rumah, dan saat terjadi perang antara Rusia dan Ukraina, harga emas sedang tinggi. Tahun 2020 bisa mencapai 2 ton, kata Ferry.

Sementara itu, harga emas emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang terlacak di website Logam Mulia, pada Selasa pagi turun Rp 7.000 per gram menjadi Rp 1.413.000 per gram.

Sebelumnya, harga emas berada pada level 1.420.000 kip/gram pada Senin (05-08-2024).

Sedangkan harga jual kembali (pembelian kembali) emas pada Selasa adalah Rp 1.266.000 per gram.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours