Sandiaga Siapkan Event Olahraga Internasional di 2025 sebagai Penggerak Ekonomi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersiap menjadi tuan rumah berbagai ajang olahraga internasional pada tahun 2025. Rencana itu disahkan usai rapat internal dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta (7/7). /2024).

Sandiaga mengatakan salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mekanisme pembiayaan ajang olahraga internasional tersebut, yang rencananya akan dibiayai nanti oleh Dana Pariwisata Berkualitas Indonesia dan sebagian pada tahun 2025. RAPBN.

“Kami baru mendapat instruksi dari rapat internal untuk mempersiapkan pesta olah raga global dan internasional tahun 2025 serta arahan penyelenggaraan pesta olah raga yang berkualitas dalam rangka sport pariwisata,” kata Sandiaga.

Beberapa ajang yang ditawarkan adalah World Surfer League, Moto GP, MXGP, F1 Power Boat, Aquabike, UFC dan kompetisi internasional lainnya. Seperti senam atau kompetisi senam dunia di Jakarta dan beberapa kota.

Mengingat Indonesia memiliki pantai terbaik di dunia, World Surfing League rencananya akan digelar di tujuh lokasi. Sandiaga pun menyarankan agar ajang MotoGP dan MXGP turut serta mempromosikan keindahan alam Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Jadi nanti akan disebar di tujuh tempat, kemudian tentunya akan dipusatkan di beberapa tempat lagi dan dijadikan festival,” jelasnya.

“Kami menyarankan agar MotoGP dan MXGP tidak hanya menjadikan NTB Mandalika sebagai prioritas tetapi juga fokus pada motorsport kelas dunia,” imbuhnya.

Sandiaga mengatakan, jika event internasional tersebut diselenggarakan seefisien dan seefektif mungkin, maka dapat mendongkrak perekonomian. Ia menegaskan, ajang olahraga internasional pada tahun 2025 harus fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Seperti kita ketahui, ruang fiskal kita terbatas, sehingga pada tahun 2025 kita berupaya lebih fleksibel dalam menghadapi tantangan perekonomian,” tegasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours