Sandiaga Bangga Wisman Antusias Borong Produk UMKM di AKI 2024 Labuan Bajo

Estimated read time 2 min read

LABUAN BAJO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tahun 2024 di Plaza Marina Park, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam kunjungannya, Sandiaga melihat langsung antusias wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara asal Inggris, yang membeli produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) lokal. Seperti Blimbingsari Creative Craft yang menampilkan produk-produk Indonesia yang menarik di mata internasional.

“Saya melihat tanpa sadar wisatawan asal Inggris membeli UMKM Kriya Kreatif Blimbingsari. Dan ini menunjukkan produk kita juga diminati wisatawan,” kata Sandiaga dalam keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) disebutkan pada Jumat (8/9/2024).

Sandiaga menyoroti, sejak tahun 2021, program AKI telah mendukung pengembangan UMKM lokal, khususnya yang berpotensi memasuki pasar global.

Dengan target ekspor ekonomi kreatif mencapai $28 miliar atau Rp445 triliun pada tahun 2024, Sandigaga berharap para peserta AKI dapat bersinergi untuk menarik calon pembeli dan investor. Sehingga produk UKM Indonesia bisa memperluas jangkauannya di pasar global.

“Dan saya berharap bapak ibu juga bisa bekerjasama dengan peserta lain dan masyarakat setempat, sehingga produk bapak dan ibu (peserta AKI) bisa mendapatkan calon pembeli dan investor,” jelasnya.

“Dan yang terakhir, kami ingin Indonesia semakin memperluas produk UMKMnya hingga memasuki pasar global,” lanjutnya.

Pameran yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 8 hingga 10 Agustus 2024 ini diikuti oleh 30 perusahaan dan dunia usaha terpilih. Mulai dari berbagai subkategori seperti kerajinan, fashion, memasak, musik dan bioskop.

Acara ini menampilkan berbagai diskusi panel dan diskusi panel dengan pakar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Industri Kreatif. Selain itu, pameran ini juga menampilkan penampilan grup musik, aerobik, dan pertunjukan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga didampingi Wakil Menteri Perindustrian dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani, serta Direktur Ekonomi Digital Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Smart.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours