Menko PMK Apresiasi 3 Inovasi Pelayanan Ibadah Haji Tahun 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendy mengulas tiga inovasi pelayanan penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M sakit dan meninggal di Arab Saudi.

Kata Muhajir dalam rapat koordinasi dengan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Duta Besar RI di Riyadh, KJRI Jeddah dan pihak terkait lainnya dalam rangka monitoring dan evaluasi usai pertemuan. puncak pelaksanaan ibadah haji 1445 H/2024 M di Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah, Arab Saudi.

“Tiga inovasi pelayanan haji tahun 2024 adalah kebutuhan pelayanan kesehatan bagi jemaah haji sebagai upaya preventif untuk menurunkan angka kematian, penerapan rencana Murur pada upacara pemakaman di Muzdalifah, dan peningkatan layanan kereta kecepatan tinggi. di dua terminal (Solo dan Surabaya,” kata Muhadjir dalam keterangan resmi, Sabtu (6/7/2024).

Muhadjir juga mengatakan, Presiden memberikan instruksi untuk menunaikan ibadah haji guna memperluas kesempatan Indonesia menjual produk Indonesia di sana.

“Untuk itu, selain fokus pada pelayanan haji, Kementerian Agama dan kementerian/lembaga lainnya dapat bersinergi untuk mendorong peningkatan pasar produk Indonesia di Arab Saudi,” jelasnya.

Selain itu, Menko Muhadjir menegaskan, daging jamaah haji Indonesia sudah bisa dikirim ke Indonesia pada tahun ini.

Pengiriman daging bendungan ke Indonesia merupakan salah satu cara mengkomunikasikan ibadah haji kepada masyarakat Indonesia, khususnya untuk mendukung program prioritas pemerintah khususnya pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, jelas Muhadjir.

Proses pemantauan pasokan daging dam di Indonesia oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan terus dilakukan melalui koordinasi erat dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kementerian Pertanian serta kementerian dan lembaga teknis terkait lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours