Berkas Pencalonan Dico di Kendal Dikembalikan KPU, Pakar: Bisa Diuji Ulang ke Bawaslu

Estimated read time 3 min read

KENDALL – Bupati Kendall dan politisi Golkar Dika Ganinduta, yang kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Kendall (Pilbup), juga mengambil keputusan luar biasa untuk menggunakan PKB sebagai alat politik.

PKB mengusung Dico Ganindut sebagai calon Kendal pada menit-menit terakhir menjelang penutupan pendaftaran tahun 2024. pada hari Kamis, 29 Agustus. Namun B1 KWK PKB Pilkada Kabupaten Kendal, Dico Ganinduto, dikembalikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagaimana semula dikeluarkan untuk pasangan Dyah Kartika Permana Sari-Benny Karnadi.

Pengamat politik Geri Mendrofa memperkirakan keputusan Pansus KPU Pusat masih bisa ditinjau oleh Komisi Pengawas Pemilu (Bavaslu).

“Saya kira keputusan KPU mengembalikan berkas itu bisa ditinjau kembali dan mekanismenya ada di Bawaslu,” kata Harry, Jumat (30/08/2024).

Harry pun mengomentari Dick yang merupakan kader Partai Golkar namun ‘dicalonkan’ oleh PKB sebagai calon pemimpin daerah Kendall. Menurut dia, Dicko yang menjabat sebagai Bupati Kendal saat ini dinilai unggul dan berhasil memajukan perekonomian negara, sehingga menjadi salah satu alasan utama dirinya dipulangkan.

Gehry menilai potensi menang pasti ada, apalagi banyak kebijakan dan programnya yang berjalan cukup baik di bawah Kendall.

“Selain itu, ada faktor relatifnya kaum muda, popularitas, dan keterwakilan kekuatan politik alternatif.” Artinya faktornya berbeda,” kata Harry.

Nah, kata dia, dari semua variabel tersebut, tentunya selama Kendall memimpin, Dicko memiliki basis akar rumput atau grassroot base yang menjadi modal elektoralnya. Saya kira itu (PKB) bisa dimanfaatkan untuk menang (Dico di Kendall), ujarnya.

Menurutnya, sebagai sosok muda terbaik Golkar, Diko punya peluang besar di tahun 2024. di Pilkada Kendal mendatang atas kemampuannya yang terbukti sebagai aparatur dan pengabdiannya dalam melayani masyarakat.

Heri bahkan menyebut masuknya Dick Ganindut ke PKB membuktikan pernyataan Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalila bahwa “hal-hal baik” memang diinginkan banyak orang, apalagi jika ia terpilih.

“Karier politik Dikko tidak berhenti di Golkar saja, banyak peluang besar yang bisa dimanfaatkannya, apalagi Dikko merupakan salah satu politisi muda yang berprestasi dan berpengalaman sebagai pemimpin daerah, tentunya masih terbuka peluang untuk menduduki posisi strategis lainnya. menjadikannya incaran parpol. Hal-hal lain karena menurut Bahlil Ketum Golkar itu adalah hal yang baik, ujarnya.

Pengamat kebijakan publik Januar Vianarco menilai keputusan Dick untuk kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Kendall pada 2024 akan menjadi keputusan yang tepat. Pilkada merupakan respon terhadap aspirasi masyarakat.

“Masyarakat sudah lama menyerukan kembalinya Dick ke kepemimpinan Kendall, baik melalui petisi maupun media sosial. Jadi saya kira keputusan Dick sudah sesuai dengan keinginan masyarakat, kata Jan.

Januar menambahkan, jika terpilih kembali menjadi Bupati Kendal, Dika Ganinduta setidaknya bisa menjalankan kerja dan program pembangunan yang masih perlu dilanjutkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kendal.

Padahal, menurut dia, bergabungnya PKB menjadi bukti kedewasaan politik Dik Ganindut.

“Dico bisa melanjutkan program pembangunan yang belum selesai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kendal. Selain itu, setelah bergabung dengan PKB, Diko dianggap sebagai politisi yang berkarakter. Artinya, Dico lebih mendengarkan aspirasi masyarakat, ujarnya.

Ketahuilah itu pada tahun 2024 Diko akan berpasangan dengan KH Ali Nuruddin atau lebih dikenal Ustad Ali di Pilkada Kendal. Diko yang sebelumnya berkampanye untuk Partai Golkar pada 2020 lalu. pada pilkada kali ini ia menggunakan mobil Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kondisi ini mengubah peta politik Kendal. Padahal, PKB sebelumnya sudah sepakat berkoalisi dengan PDI Perjuangan untuk menunjuk Diya Karthik Perman Sari dan Benny Karnadi.

Alhamdulillah kami telah mengajukan perkara berdasarkan pasangan Pak Dick dan Ustad Ali, kata Ketua DPC PKB Kendal Muhammad Makmun.

“Ini ulah PKB Kendal karena memenangkan pemilu parlemen lalu. “Dan pada pilkada kali ini saya merasa sangat terpanggil untuk menghadirkan kader-kader terbaik yang mampu memajukan dan memperjuangkan masyarakat Kabupaten Kendal,” lanjutnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours