SpaceX luncurkan misi penerbangan antariksa berawak komersial pertama

Estimated read time 1 min read

NEW YORK CITY (ANTARA) – SpaceX, pada Selasa (10/9) waktu setempat, meluncurkan misi komersial skala penuh baru yang akan mencakup kendaraan ekstra-evakuasi (EVA).

Pesawat luar angkasa Dragon yang membawa empat pesawat luar angkasa sipil lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Florida, AS, pada pukul 05:23 Waktu Bagian Timur (atau 16:23 WIB).

Misi tersebut diberi nama Polaris Dawn dan merupakan penerbangan luar angkasa berawak pertama untuk kru, astronot Kid Potitt, spesialis misi Sarah Gillis, dan spesialis misi dan staf medis Anna Menon.

Polaris Dawn merupakan misi ke-14 dari pesawat luar angkasa SpaceX Dragon. Pendiri SpaceX, Elon Musk, mengatakan misi tersebut akan tiga kali lebih lama dibandingkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang merupakan jarak terjauh manusia yang pernah mencapai Bumi dalam lebih dari setengah abad.

Para kru sedang mempersiapkan penerbangan komersial pertama yang dijadwalkan pada Kamis (12/9).

Para kru ini juga melakukan aktivitas ilmiah selama orbit multi-hari, termasuk penelitian kinerja manusia dan kesehatan yang relevan dengan program penelitian manusia NASA.

Penelitian ini akan membantu para ilmuwan NASA lebih memahami bagaimana paparan atmosfer mempengaruhi tubuh manusia. Menurut NASA, para kru akan bereksperimen dengan teknologi baru terkait kemampuan telemedis, pengumpulan data tentang operasi luar angkasa, dan pemahaman yang lebih baik tentang cedera penerbangan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours