Putin Ungkap Kapan Rusia Gunakan Senjata Nuklir: Jangan Anggap Enteng!

Estimated read time 2 min read

MOSKOW – Presiden Vladimir Putin mengumumkan kapan Rusia akan menggunakan senjata nuklirnya.

Hal ini terjadi pada hari Rabu saat konferensi pers yang jarang dilakukan dengan media asing di sela-sela Forum Ekonomi Internasional di St. Petersburg. Petersburg.

“Untuk beberapa alasan, Barat percaya bahwa Rusia tidak akan pernah menggunakannya,” kata Putin ketika ditanya kapan Rusia akan menggunakan senjata nuklir.

Putin mengatakan penggunaan senjata tersebut masih sejalan dengan doktrin nuklir Rusia tahun 2020.

Dokumen doktrinal tersebut memberi wewenang kepada pemerintah Rusia untuk mempertimbangkan opsi serangan nuklir jika senjata pemusnah massal digunakan untuk melawan negara tersebut atau jika keberadaannya terancam.

“Kami memiliki doktrin nuklir. Lihat apa yang tertulis di dalamnya. Jika tindakan seseorang mengancam kedaulatan dan integritas wilayah kami, kami menganggap mungkin untuk menggunakan segala yang kami bisa,” kata Putin, dikutip Reuters, Kamis (6/6/2024). .

“Hal ini tidak boleh dianggap enteng dan enteng,” lanjut Putin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menepis kekhawatiran Barat bahwa Rusia akan menyerang negara-negara NATO.

“Kita tidak boleh menjadikan Rusia sebagai musuh. Kamu hanya menyakiti dirimu sendiri, tahu? kata Putin.

Pasal 5 perjanjian NATO menyatakan bahwa serangan terhadap satu anggota organisasi dianggap sebagai serangan terhadap seluruh anggota.

Putin telah berulang kali menolak gagasan bahwa Rusia akan menyerang NATO, meskipun ada ketegangan di antara negara-negara anggota.

Namun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada CBS News awal tahun ini bahwa agresi Putin dapat mencapai Eropa, sehingga mendorong tanggapan NATO. Pada bulan April, komandan militer Jerman mengatakan “serangan terhadap wilayah NATO mungkin terjadi” dalam waktu lima hingga delapan tahun.

Namun, Putin menegaskan kembali posisinya.

“Mereka mengira Rusia ingin menyerang NATO,” katanya. “Apakah kamu benar-benar gila?” Tebalnya sama dengan meja ini. Siapa yang menemukan ini? Itu hanyalah intimidasi total, Anda tahu? Benar-benar banteng! “kata Putin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours