Elektabilitas Airin Tinggi, Pengamat: Golkar Harus Usung di Pilkada Banten

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Terpilihnya mantan Wali Kota Tangsel (Tangsel) Irene Rachmi Dian tergolong tinggi. Partai Golkar juga sempat disarankan untuk mengusung Ire di Pilkada Banten 2024, dan ia mendapat dukungan kuat dari kader Golkar dan masyarakat Banten.

Pengamat politik Hadjoli mengatakan Ire mempunyai pengaruh elektoral yang kuat di Banten. Selain mantan Wali Kota Tangsel, Irene juga dikenal banyak warga Banten.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Penelitian Indonesia (LSI), berbagai kalangan menyatakan dukungannya terhadap Irene di pilkada, dan tingkat elektabilitas atau elektabilitas Irene Rachmi Dian mencapai 77,3%. Hal ini menunjukkan masyarakat Banten membutuhkan Irene. menjadi gubernurnya,” ujarnya, Senin (19/8/2024).

Ia juga menilai Irean merupakan kader Golkar yang menonjol. Dengan perolehan total 302.878 suara Irene pada Pilkada 2024, prestasinya sebagai Wali Kota Tangsel selama dua periode diakui publik. Ia mencatatkan rekor sebagai calon DPR dengan perolehan suara Partai Golkar terbanyak di tingkat nasional.

Ia menambahkan, Partai Golkar di Banten cukup kuat memenangkan Aire di Pilkada. Suara kader Golkar mendukung Irean dan mesin Golkar sudah siap meraih kemenangan di Banten.

Ia mengatakan DPP Golkar harus mempertimbangkan kuat kekuatan Irene untuk bersaing dengan Irene di Pilkada Banten. Apalagi, Irene direkomendasikan Partai Golkar untuk mengikuti Pilkada Banten.

“Ini ujian bagi Golkar, yang mengukur kehandalan Golkar dalam membina calon kader. Saya yakin Golkar bukan partai kartel, tapi pasti partai kader yang kompak, tegasnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Banten Jacka Ruseno menilai Irene adalah sosok yang tepat memimpin Banten. “Bu Irene adalah orang yang cerdas dan berakal sehat dan menurut saya beliau adalah pemimpin yang dibutuhkan Banten,” ujarnya.

Ia mengapresiasi Eyre yang tahu permasalahan apa yang harus diselesaikan di Banten. Sebab, ia sering turun ke masyarakat untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Ia mengaku sudah sering mendengar apa yang diinginkan masyarakat sehingga ia paham permasalahan apa saja yang perlu diselesaikan di Banten jika menjadi gubernur.

Sementara itu, saat ditemui wartawan di Jakarta, Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodevik Frederik Paulos mengatakan, Partai Golkar masih mempertimbangkan keikutsertaan Irene di Pilkada Banten. Sebuah peraturan rekomendasi diperkenalkan untuk partainya Air. Dengan demikian, Irene berpeluang maju di Pilkada Golkarma Banten. “Golkar baru meluncurkan SKep. Kita lihat perkembangannya,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours