Sedot Anggaran Rp1,45 Triliun, Ini Konsep Istana Wapres di IKN

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi memulai pembangunan Istana Wakil Presiden di ibu kota kepulauan (IKN). Proyek tersebut telah menggunakan dana APBN senilai Rp 1,45 triliun untuk berbagai produksi.

Istana Wakil Presiden IKN memiliki luas 14,8 hektar, dengan luas pembangunan 10.038,4 meter persegi. Gedung ini dibangun oleh PT Adhi Karya dan Penta Architecture KSO.

Diana Kusumastuti, Direktur Bidang Kemanusiaan Tahap pertama meliputi pembangunan istana dan kantor Wakil Presiden, kediaman Wakil Presiden, botol Paz Pampres dan tempat parkir, serta bangunan pendukung lainnya.

Tahap pertama akan kami selesaikan pada Agustus 2025, dan mudah-mudahan selesai pada 17 Agustus 2025. Untuk tahap kedua, kami akan segera membayar lelangnya kembali, kata Diana, Senin (12 Agustus 2024) dalam keterangan resmi. melepaskan.

Bangunannya mengadopsi konsep “Huma Betang Tunai” yang berarti rumah panjang ibu dalam bahasa Dayak. Penting untuk diingat bahwa ibu adalah pelindung, pemberi dan pengasuh, bagian dari kata Ibu Negara dan Ibu Pertiwi.

Daliana Suryawinata, perancang Istana Wakil Presiden, menambahkan IKN membangun tipologi arsitektur tradisional Indonesia, khususnya rumah di cawan. Oleh karena itu, ide rumah teralis diterima oleh Wakil Presiden Istana, dan ide rumah panjang khas Kalimantan pun diterima.

“Panel surya akan dipasang di atap dan bangunan akan dirancang hemat energi,” kata Daliana Suryawinata.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pembangunan Istana Wakil Presiden IKN mempunyai arti strategis. Sebagai kebanggaan, karena merupakan karya anak bangsa, kami berharap gedung ini dapat menjadi pusat kegiatan nasional yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan, integritas, dan pelayanan publik.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan: “Selanjutnya, istana ini harus menjadi poros perubahan dan tempat lahirnya berbagai hal penting yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours