Kemenkumham DIY tingkatkan kekayaan intelektual desain industri

Estimated read time 2 min read

Ogyakarta (ANTARA) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Ogyakarta terus berupaya memperkuat registrasi perlindungan kekayaan intelektual desain industri guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.

“Desain industri merupakan salah satu sektor kekayaan intelektual yang perlu dilindungi karena memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan,” ujarnya. Pelaku usaha di Yogyakarta, Kamis.

Menurutnya, total perlindungan kekayaan intelektual di RU Layanan Darurat Negara Ukraina pada Januari-Juni 2024 sebanyak 4.288.

“Ada 55 dari total desain industri yang didaftarkan.”

Agung mengatakan, jumlah pendaftaran desain industri meningkat menjadi 55 dibandingkan tahun 2023. Saat ini kita baru memasuki pertengahan tahun 2024, namun jumlah pendaftarnya hampir sama dengan total tahun lalu.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DIY terus berupaya meningkatkan pendaftaran perlindungan desain industri.

“Tujuannya adalah selalu melakukan lebih dari tahun sebelumnya. “Kami terus menyelenggarakan berbagai forum untuk berbagi dan bertukar pikiran bagi para pelaku usaha untuk mendaftarkan perlindungan kekayaan intelektualnya,” ujarnya.

Dikatakannya, DIY merupakan daerah yang sangat kaya dengan potensi kekayaan intelektual. Setiap kabupaten/kota mempunyai kesenian yang berbeda-beda dan tujuan kami adalah untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan kekayaan intelektual.

“Pendaftaran kekayaan intelektual menciptakan hak eksklusif atas suatu produk yang tidak dapat ditiru oleh pihak lain. Tentu tidak ada seorang pun yang ingin produknya ditiru, sehingga dapat berdampak pada menurunnya perdagangan.”

Agung mengatakan pendaftaran kekayaan intelektual akan mempunyai implikasi hukum dan ekonomi yang signifikan. Pelaku usaha bisa fokus mengembangkan produk inovatif tanpa takut dicuri pihak lain demi kepentingan pribadi.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DIY terus bekerja sama dengan pemerintah daerah, universitas, dan sejumlah pemangku kepentingan untuk mengembangkan kapasitas desain.

Industri DIY.

“Implikasi hukum dan ekonomi dari hal ini akan sangat signifikan.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours