Presiden Marcos deklarasikan 30 Oktober sebagai Hari Amal Nasional

Estimated read time 2 min read

Manila (ANTARA) – Presiden Ferdinand R. Marcos Jr. secara resmi mendeklarasikan tanggal 30 Oktober setiap tahun sebagai Hari Amal Nasional, menurut pengumuman istana presiden setempat pada hari Sabtu.

Deklarasi hari ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan dan mengangkat kehidupan setiap warga Filipina di bawah bendera “Bagong Pilipinas” (Filipina Baru).

“Filipina Baru, sebagai tema utama jargon pemerintahan dan kepemimpinan pemerintahan, menyerukan perubahan mendalam dan mendasar di semua sektor masyarakat dan pemerintahan, serta sebuah visi yang menekankan kasih sayang, persatuan dan tanggung jawab sosial rakyat Filipina,” Marcos . hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 598.

Dalam keputusan presiden setebal dua halaman, Presiden menugaskan Philippine Charity Games Office (PCSO) untuk memimpin perencanaan, koordinasi dan administrasi perayaan Hari Amal Nasional tahunan, serta penetapan program, kegiatan dan proyek untuk perayaan tersebut.

Keputusan Presiden ini menegaskan komitmen PCSO untuk memenuhi mandatnya dengan menyediakan layanan medis, menyelenggarakan layanan kesehatan dan gigi gratis, mendirikan klinik dan berkolaborasi dengan badan-badan kesejahteraan negara dan lembaga-lembaga non-pemerintah yang memenuhi syarat, yang memajukan kesejahteraan kelompok marginal. sektor masyarakat.

Semua lembaga dan badan negara, termasuk perusahaan milik negara atau dikendalikan, lembaga keuangan, serta universitas dan perguruan tinggi negeri, diwajibkan dan didorong untuk berpartisipasi dalam Hari Amal Nasional.

Demikian pula, semua unit pemerintah daerah (regional), asosiasi non-pemerintah dan sektor swasta wajib melakukan hal ini.

Marcos mengutip Bagian 9, Pasal II Konstitusi, yang mengamanatkan penguatan tatanan sosial yang adil dan dinamis untuk menjamin kemakmuran dan kebebasan negara, serta membebaskan masyarakat dari kemiskinan melalui kebijakan yang menyediakan layanan sosial, mendorong lapangan kerja penuh dan meningkatkan standar. . dan kualitas hidup bagi semua orang.

Sekretaris Eksekutif Lucas Bersamin menandatangani Keputusan Presiden Nomor 598 pada 13 Juni.

Sumber: PNA-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours