Pemkot produksi kembali perhiasan khas Palembang

Estimated read time 2 min read

Palembang (ANTARA) – Dewan Kota (Pemkot) Sumatera Selatan sedang memperbanyak perhiasan khas kota itu yang akan dikenakan finalis Sek Bagus dan Aiyu 2024.

“Perhiasan khas Palembang yang sudah lama tidak dibuat, akan dikreasikan dan dikenakan oleh finalis Sek Bagus dan Sek Ayu 2024,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Affan di Palembang, Selasa.

Dikatakannya, dengan memperbanyak ornamen-ornamen tersebut, para perajin Kota Palembang akan mempunyai wadah dalam berproduksi dan memajukan perekonomian dari segi budaya. Baca juga: KOWANI Sebut Melestarikan Kebaya Bisa Bangkitkan Perekonomian Negara Perhiasan khas budaya Palembang sudah lama tidak diproduksi dan banyak generasi muda yang belum mengetahuinya, sehingga dinas budaya berusaha menunjukkannya. generasi muda

Perhiasan yang dikenakan dan digandakan adalah rangkaian anting buah, sesuku bersarang, sanggul modifikasi, kotak lagu, sepatu linting, kalung, dan gelang panah.

Agenda pemilihan Cek Bagus dan Cek Ayu merupakan program pelestarian budaya Pusat Pelayanan Kebudayaan Kota Palembang, dan generasi muda tetap mencintai budaya Kota Palembang mulai dari pakaian, makanan, perilaku dan perhiasan.

Kini para finalis akan menjalani karantina pada tanggal 11 Juni hingga 14 Juni 2024 untuk mengikuti jadwal seleksi grand final, tahun kedelapan terpilihnya Sec Bagus dan Sec Ayu. Baca selengkapnya: Indonesia Pamerkan Kebudayaan di Festival Internasional di Kenya Menurut dia, pemenang ajang tersebut akan mendapatkan duta budaya Palembang dan mendapat dukungan pemerintah di bidang kebudayaan.

Sec Bagus dan Sec Aiyu membidangi bidang kebudayaan, berbeda dengan Bujang Kiz Palembang yang berada di bawah Dinas Pariwisata Kota Palembang dan membidangi industri pariwisata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours