Wapres harap pemerintahan Prabowo-Gibran lanjutkan proyek jalan daerah

Estimated read time 2 min read

Pangkalpinang, Babol (ANTARA) – Wakil Presiden Maruf Amin mengharapkan pemerintahan selanjutnya yang dipimpin Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melanjutkan Instruksi Presiden (Inpres) jalan daerah karena proyek tersebut memberdayakan masyarakat.

Marouf, Wapres mengatakan, hal ini terkait dengan penerapan Inpres mengenai jalan daerah di Provinsi Bangka Belitung dan pasar Tuboli di wilayah Bangka Selatan.

Wapres mengatakan, “(Arahan Presiden ke arah daerah) merupakan komitmen pemerintah, kita berharap kedepannya hal ini dapat dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya. Presiden yang terkenal saat meninjau pembukaan kebangkitan kembali pasar Tobuali di Banka Belitung, Selasa.

Dalam pemeriksaan tersebut, Wapres sempat berbincang dengan beberapa pedagang di Pasar Tobu Ali.

Ia menegaskan, pemerintah berkomitmen tidak hanya membangun jalan tol saja, tapi juga membangun jalan untuk rakyat melalui arahan presiden tentang jalan daerah yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya.

Begitu pula dengan pemerintah yang membangun dan menghidupkan kembali pasar rakyat, sehingga akan meningkatkan pendapatan para pedagang kecil dan menengah serta dapat memperkuat perekonomian masyarakat.

“Jalan daerah Keppres itu menghubungkan satu daerah dengan daerah lain. Yang tadinya tanah, sekarang sudah aspal bagus sehingga membuat nyaman masyarakat. Lalu ada pasar, pasar rakyat, jadi saya senang sekali buka ini karena semuanya tentang masyarakat,” kata Wapres.

Pada kesempatan tersebut, Wapres meresmikan pelaksanaan Inpres tentang Jalan Daerah Provinsi Banga Belitung sepanjang 82 kilometer yang terletak di 9 titik.

Sedangkan melalui Instruksi Presiden No. 3 tahun 2023, pemerintah menganggarkan Rp14,6 triliun pada tahun 2023 dan Rp15 triliun pada tahun 2024 untuk perbaikan jalan daerah.

Alokasi tersebut juga mencakup pembangunan jalan daerah Provinsi Banka Belitung dengan biaya Rp 301,3 miliar dengan panjang jalan sepanjang 82 km di 5 kabupaten.

Selama enam tahun terakhir, pemerintah telah membangun dan membangun kembali 62 pasar rakyat di 53 kabupaten/kota di 21 provinsi.

Hal ini menunjukkan komitmen luar biasa pemerintah dalam mendukung pembangunan perekonomian daerah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours