Menpora ingatkan PON XXI 2024 sebagai sarana pemersatu bangsa

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengingatkan, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 merupakan salah satu cara mempersatukan bangsa dan meningkatkan prestasi.

Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama kali digelar di dua provinsi ini mengambil tema Ayo Olahraga! United adalah juara kami!

“PON ke-21 tahun ini mengusung tema Ayo Olahraga! Bersatu Kita Juara! Maksudnya dengan berjalannya Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan PON ke-21 ini, masyarakat kita akan semakin mencintainya, sehingga semakin kebugaran agar semakin meningkat, selain itu PON juga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pemersatu bangsa dan menjadi sarana peningkatan prestasi olahraga nasional,” kata Menpora Dito dalam sambutannya pada pembukaan PON XXI 2024 di Gedung Harapan Bangsa. Stadion, Banda Aceh, Senin.

Menpora Dito mengatakan, tujuan utama multievent yang digelar empat tahun sekali ini adalah untuk meningkatkan performa Indonesia di kancah dunia.

“Tujuan utamanya adalah menjadikan Indonesia sehat dan mencapai level dunia,” kata Dito.

Hasil Olimpiade 2024 di Paris, kontingen Merah Putih berhasil meraih dua medali emas setelah 32 tahun terakhir meraih dua medali emas. Menpora mengatakan, perolehan dua medali dari cabang olahraga angkat besi dan panjat gunung tidak menutup kemungkinan kontingen Merah Putih akan kembali meraih medali emas dari cabang olahraga non populer pada Olimpiade Los Angeles kedepannya. mampu menang. 2028. .

Menpora Dito berpesan agar PON XXI 2024 menjadi batu loncatan bagi atlet-atlet muda berbakat untuk menempa dan menjadikan atlet di segala disiplin ilmu menjadi atlet yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Tentu tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa mengukir sejarah di Olimpiade mendatang dan meraih prestasi di cabang olahraga yang selama ini kurang populer di masyarakat. Harapannya, PON menjadi batu loncatan bagi atlet-atlet muda berbakat sebelum melangkah ke level selanjutnya. tingkat,” kata Dito.

Pada PON Aceh Sumut 2024, digelar 65 cabang olahraga, 87 disiplin ilmu, dan 1.042 nomor pertandingan di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumut.

Empat Daerah Otonomi Baru (ADO) yaitu Papua Barat Daya, Papua Gunung, Papua Tengah, dan Papua Selatan tampil perdana di PON yang juga diikuti kontingen Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Setidaknya 13.000 atlet bersaing untuk menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan Pesta Olahraga Nasional yang berlangsung pada 20 September 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours