3 Faktor Keruntuhan Kerajaan Islam Samudera Pasai di Nusantara

Estimated read time 2 min read

Banyak faktor internal dan eksternal yang turut menyebabkan runtuhnya kerajaan Samudra Pasay. Diketahui kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai dimulai pada abad ke-13 hingga ke-16. abad.

Pada akhir abad ke-13, Kerajaan Samudera Pasai berpusat di sekitar wilayah Lhokseumawe di pantai utara Sumatera dilihat dari segi ketatanegaraannya.

Sedangkan Samudera Pasay pada masa kejayaannya pada abad ke-14 Masehi bergerak ke arah pantai utara Aceh yang dikelilingi oleh dua sungai yaitu Sungai Pasay dan Sungai Payosangan.

Kerajaan Samudera Pasai tumbuh dan berkembang hingga mencapai tahap perkembangan hingga dikenal oleh para saudagar mendunia.

Namun, seperti kerajaan-kerajaan nusantara sebelumnya, kerajaan Samudra Pasay juga mengalami perpecahan pada abad ke-16 di bawah kepemimpinan Sultan Zain al-Abidin.

Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Samudra Pasay 1. Pusat perdagangan dipindahkan ke Malaka

Letak berdirinya Kerajaan Malaka sangat strategis sehingga menjadikannya sebagai pusat perdagangan menggantikan peran Kerajaan Samudra Pasay.

Hilangnya predikat pusat perdagangan berarti melemahnya perekonomian Kerajaan Samudera Pasai. Hal ini juga berdampak pada kekuatan lautnya.

2. Munculnya Kerajaan Aceh

Faktor penyebab runtuhnya kerajaan Samudra Pasay selanjutnya adalah berdirinya kerajaan Aceh. Pada saat Kerajaan Aceh berdiri di atas reruntuhan bekas Kerajaan Lamuria, Kerajaan Samudra Pasay sedang dalam keadaan lemah.

Dengan demikian, kekuasaan kerajaan Aceh lebih unggul dibandingkan kerajaan Samudra Pasay pada masa itu, sehingga Samudra Pasay berhasil dikuasai, yang merupakan berakhirnya masa pemerintahan kerajaan tersebut pada tahun 1524 Masehi.

Sebelum menguasai Samudera Pasay, Kesultanan Aceh telah mampu menguasai Kerajaan Daya yang ada.

Di Aceh Barat, hal ini membuat Samudera Pasai semakin terpojok.

3. Kurangnya manajer yang kompeten

Ketiadaan pemimpin yang berkompeten di kerajaan Samudra Pasay menghambat perkembangan kerajaan tersebut saat itu.

Menurut “Sejarah Kerajaan Samudra Pasay di Indonesia”, kerajaan tersebut dapat terus eksis jika penguasa kerajaan tersebut mampu berinovasi dan memiliki kemampuan kepemimpinan.

Sebaliknya suatu kerajaan mengalami kemunduran jika pemimpinnya gagal mengembangkan kerajaannya.

Ketiganya menjadi faktor jatuhnya kerajaan Samudra Pasai. Faktor yang paling mencolok adalah munculnya kerajaan baru yang menguasai Pasifik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours