Kemenag konsolidasikan alat shalat dan mushalla bagi penyintas Manggarai

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) menyelenggarakan bantuan sarana ibadah dan masjid keliling untuk korban kebakaran Manggarai. “Bantuan tersebut meliputi sembako, perlengkapan sholat, dan kami juga menyiapkan fasilitas masjid keliling,” Direktur Jenderal Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag) Waryono Abdul Ghafur di tenda pengungsi belakang RS Agung, Jakarta Selatan, Sabtu. .

Waryono mengatakan, program ini merupakan implementasi koordinasi terkait kesiapsiagaan kebakaran di Manggarai. Hingga saat ini, bantuan yang disalurkan telah memenuhi seluruh kebutuhan mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan, perlengkapan sholat hingga masjid.

Dengan kerja sama tersebut, kata dia, harapannya dapat mengidentifikasi kebutuhan secara akurat dan membantu proses pemulihan mental dan fisik para korban yang mungkin memakan waktu lama. Baca juga: Baznas Bangun Masjid Darurat untuk Korban Kebakaran Manggarai di Jakarta. Selain itu, penyaluran bantuan ini juga dapat menjadi simbol kebersamaan di HUT RI ke-79, ujarnya. Sementara itu, Ketua Umum Forum Zakat (FOZ) Wildhan Dewayana juga menyampaikan terima kasih kepada teman-temannya yang telah berpartisipasi dan bekerja tanpa kenal lelah dalam kegiatan kemanusiaan ini.

“Ini bukti bahwa bersama-sama kita bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat,” kata Wildhan, kunjungan dan konsolidasi ini merupakan bagian dari Kolaborasi Aksi Pemadam Kebakaran Manggarai antara Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI. BAZNAS RI, BAZNAS BAZIS Jakarta, Lembaga Amil Zakat dan Forum Zakat (FOZ) juga membaca: DKI Diminta Bangun Apartemen untuk Korban Kebakaran Manggarai, mereka menambahkan total bantuan kerjasama ini mencapai Rp 280 Juta.

Tak hanya itu, relawan juga berjumlah 194 orang dan juga terdapat 75 kendaraan operasional yang siap untuk kebutuhan mobilitas pengungsi dan relawan. Tercatat 683 bangunan dan total warga terdampak kebakaran mencapai 3.043 jiwa atau 1.050 Kepala Keluarga (KK). Kebakaran terjadi di RW 06 dan RW 12, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (13/8).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours