Ilham Habibie Kembali Pimpin Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ikatan Dagang Muslim Indonesia (ISMI) kembali diketuai oleh Ilham Akbar Habibi. Putra mantan Presiden BJ Habibi itu terpilih menjadi Ketua Umum pada tahun 2023 hingga 2028. Ilham Habibi dilantik bersama Dewan Pengurus Pusat (MPP) ISMI masa jabatan 2023-2028 yang disaksikan ratusan anggota ISMI di Blairing Kementerian. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kamenparikraft), Jakarta, Rabu (26/6).

ISMI menyelenggarakan Konferensi Nasional ke-3 (MONAS), forum organisasi terbesar yang diadakan setiap 5 tahun sekali hingga akhir tahun 2023. Pada munas ketiga, Ilham kembali terpilih sebagai Ketua Umum ISMI.

Didirikan oleh empat organisasi besar yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Muhammadiyah dan Nahdal Ulama (NU), ISMI selalu berkomitmen untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi negara maju pemerintah. 2045.

Baca Juga: Adik Presiden BJ Habibi Meninggal Dunia

Dalam sambutannya pada pembukaan MPP ISMI, Ilham Habibi mengatakan peran usaha kecil dan menengah (UKM) sangat penting dalam mewujudkan Indonesia maju pada tahun 2045.

“Ke depan program ISMI akan selalu mendukung usaha kecil dan menengah (UKM). Yang kami dukung selama ini adalah usaha kecil dan menengah di bidang pertanian, real estate, dan perdagangan. Ke depan, dalam lima tahun ke depan, kami akan mendorong UKM menjadi usaha kecil dan menengah,” kata Ilham Habibi saat peresmian MPP ISMI.

Menurutnya, industri harus diperkuat untuk mencapai tujuan besar mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045. UKM mempunyai peran dalam hal ini. UKM berperan dalam ekosistem industri. Ia optimis peran industri menjadi kunci bagi Indonesia untuk menjadi negara maju. Ia mencontohkan negara-negara maju, khususnya negara-negara maju di Asia. Negara-negara tersebut mempunyai karakteristik serupa.

“Kita sama-sama tahu banyak negara maju di dunia ini. Dan ciri-cirinya sama. Mereka punya mesin atau sepeda motor yang bersifat industri, jadi kalau kita lihat di Asia, apalagi kita punya Jepang, Korea Selatan, lihat China, mereka pindah karena industri,” kata Ilham Habibi.

Oleh karena itu, dengan semangat yang sama, ISMI akan terus mendorong semangat kewirausahaan khususnya UKM dengan berbagai program yang dirancang untuk periode kepengurusan 5 tahun ini. ISMI merupakan organisasi perkumpulan dagang umat Islam di Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh 4 organisasi publik besar di Indonesia yaitu NU, Muhammadiyah, MUI dan ICMI. ISMI didirikan dengan tujuan membangun dunia usaha nasional yang kuat dan berdaya saing tinggi untuk mewujudkan masyarakat sejahtera lahir dan batin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours