3 Faktor Semua Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Bisa Hafal Lagu Indonesia Raya

Estimated read time 2 min read

Hampir seluruh pemain reguler timnas Indonesia sepertinya hafal lagu Indonesia Raya. Terbukti, lagu tersebut mereka nyanyikan saat menghadapi Arab Saudi di kualifikasi Asia Piala Dunia 2026.

Ternyata skuad Indonesia kini diisi pemain reguler seperti Rafael Struik, Sandy Walsh, Ragnar Oratmangoen, Jay Edges, Tom Haye, Calvin Verdonk, dan Maarten Paes.

Saat menghadapi Arab Saudi pada 6 Juni 2024, hampir semua pemainnya normal kecuali Rizki Ridho dan Bitan Sulaiman.

Menariknya, saat lagu kebangsaan atau lagu kebangsaan dikumandangkan sebelum pertandingan, hampir seluruh pemain timnas Indonesia bisa menyanyikan Indonesia Raya.

Hal itu dipuji oleh berbagai kalangan, termasuk media Malaysia, yang terkejut karena mereka hafal lagu kebangsaan. Hal ini berbanding terbalik dengan pemain normal timnas Malaysia.3 karena pemain normal timnas Indonesia hafal lagu Indonesia Raya1. Pelajari tentang hal itu. Mengapa semua pemain timnas Indonesia hafal lagu Indonesia Raya karena mempelajarinya.

Mungkin mereka memang ingin belajar musik untuk mengembangkan jiwa nasionalisme. Atau mungkin ada pelatih yang mengharuskan pemainnya menghafal lagu.

Mungkin belum jelas kenapa mereka sampai hapal lagu ini, tapi yang jelas mereka semua ingin mempelajarinya.

2. Pemain timnas Indonesia seperti Ivar Jenner, Rafael Struik, Stefano Lilipali, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shane Patinama sebagian besar berdarah Indonesia.

Oleh karena itu, besar kemungkinan lagu ini diajarkan kepada mereka oleh nenek moyang atau orang tuanya. Hal inilah yang membuat mereka begitu antusias saat mementaskan Indonesia Raya.3. Bangga bisa memperkuat timnas Indonesia. Selain dua alasan di atas, alasan mereka semua hafal lagu Indonesia Raya adalah rasa bangga yang mereka rasakan setelah terpilih memperkuat timnas.

Meski pemain natural Indonesia ini banyak yang merupakan pemain asing, namun mereka rela bekerja ekstra untuk memperkuat timnas agar bisa berkiprah di pentas dunia.

Pola pikir ini juga mereka gunakan untuk menghafalkan lagu kebangsaan agar bisa dinyanyikan di hadapan penggemarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours