Misteri Kemunculan Sekawanan Laba-laba di Mars Akhirnya Terungkap

Estimated read time 1 min read

LONDON – Ratusan laba-laba hitam yang muncul di Mars menarik perhatian para ilmuwan. Fenomena ini terjadi setiap kali musim semi tiba di bumi.

Namun penelitian telah menunjukkan bahwa fenomena yang dikenal sebagai “Laba-Laba Mars” adalah contoh menarik tentang bagaimana pola alam di planet lain dapat menciptakan asosiasi mata yang mirip dengan yang kita kenal di bumi.

Gambar dari wahana antariksa di kutub selatan Mars menunjukkan pola besar seperti laba-laba di permukaan planet. Pola ini mempunyai pola percabangan yang menyerupai kaki laba-laba.

Pola mirip laba-laba ini terbentuk dari es karbon dioksida yang berubah menjadi gas. Proses ini dimulai ketika sinar matahari musim semi menyinari lapisan es yang terakumulasi selama musim dingin yang gelap di Mars.

Perubahan ini menyebabkan es di dasar lapisan berubah menjadi gas, yang memecah es di atasnya.

Ketika gas ini akhirnya meledak, ia mendorong debu dan pasir ke atas, menciptakan pancaran air mancur. Ketika debu kembali ke permukaan Mars, ia membentuk bercak gelap dengan lebar 45 meter hingga 1 kilometer, membuatnya tampak seperti laba-laba.

Selain pentingnya, fenomena ini juga merupakan contoh klasik dari Pareidolia, yaitu fenomena psikologis di mana orang melihat pola yang sudah dikenal secara samar atau acak.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours