Pentaque – Tim Sumut raih medali emas dan perunggu PON 2024

Estimated read time 2 min read

BANDA ACEH (Antara) – Tim tuan rumah, Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih medali emas dan perunggu pada cabang olahraga petanque putra dan menembak putri di Gelanggang Olahraga USK, Banda Aceh, Rabu pada PON XXI/2024. 11/9).

Fayed Eqdas Tamimi dan Muhammad Khirul sama-sama mengalahkan Aceh di final yang diperkuat Nafiz Khaswan Dira dan Rasul.

Sumut mencapai final dengan skor 12-10 melawan wakil Sulut.

Sedangkan Aceh mengalahkan Jakarta 13-6 di semifinal. Karena tidak ada putaran ketiga, Sulawesi dan Jakarta berhasil meraih medali perunggu.

Sedangkan pada cabang olahraga menembak putri, Finalia Sinulinga meraih medali perunggu, medali emas diraih tim Jawa Tengah, dan medali perak diraih tim Jambi.

Pelatih Kepala Sumut Ibrahim Sembring mengatakan timnya harus menghadapi tim kuat lainnya untuk meraih kemenangan tersebut.

Jadi DKI (Jakarta), Aceh lawannya luar biasa, kita hanya bisa menang dengan keberuntungan yang diberikan Tuhan, katanya saat ditemui usai perebutan medali.

Dalam konteks ini, Ibrahim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung tim Sumut.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah dan KONI Sumut serta keluarga besar yang mendoakan Tim Petanque Sumut di empat ajang ini. Satu emas dan 2 perunggu (tim tembak putri dan putri) kita raih dan kita akan terus berjuang untuk Utara. Sumatera,” ujarnya.

Sementara itu, Fayed Akhtas berterima kasih karena mampu mempersembahkan medali emas pertama Sumut di Petanque.

“Alhamdulillah alhamdulillah latihan dan perjuangan kita kali ini tidak membuahkan hasil dan mendapatkan hasil yang sangat baik, Sumut tampil sebagai juara dan membanggakan.”

Sumut meraih tiga medali, emas, dan 2 perunggu di petanque. Tim tuan rumah masih berusaha meraih medali di banyak turnamen lainnya.

Permainan pétanque merupakan permainan tradisional Perancis yang sudah ada sejak tahun 1907. Selain Prancis, banyak negara bekas jajahan seperti Kamboja juga memainkan permainan ini.

Petanque adalah olahraga yang tujuannya adalah melempar bola besi sejauh mungkin ke bola kayu. Kaki pelempar harus melempar bola sejauh enam sampai 10 meter dalam lingkaran kecil yang telah ditentukan.

Petanque dimainkan di lapangan atau rumput berukuran 4×15 meter. Secara teknis, game ini mengutamakan akurasi, strategi, dan intuisi pemain.

Petanque biasanya dimainkan selama beberapa jam. Pemenangnya adalah tim dengan poin terbanyak. Poin dicetak oleh beberapa bola besi dan ditentukan di sebelah bola kayu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours