Jelang Pilkada Serentak, Kominfo Bentuk Satgas Anti Hoaks

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Cominfo) akan segera membentuk satuan tugas anti hoaks (SATGAS) untuk memberantas berita bohong terkait Pilkada 2024.

Dalam hal ini, Kominfo berkolaborasi dengan beberapa platform media sosial di Indonesia. Dia menyerukan komitmen kami untuk menghentikan penyebaran berita palsu yang cepat.

“Dalam forum ini kemarin kita sudah melakukan pertemuan, dan kita kumpulkan seluruh platform agar platform-platform tersebut aktif mengurangi kecurangan,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirgen IKP) Kominfo Prabu Abyot. Kantor Cominfo Jakarta Pusat Jumat (13/9/2024).

Prabhu menjelaskan, gugus tugas bentukan Cominfo akan menyampaikan nama seluruh calon kepala daerah ke platform media sosial. Dengan demikian, platform secara proaktif memeriksa informasi dan mencegah informasi palsu tanpa menunggu laporan. Ini merupakan pengingat bahwa berita palsu dapat menyebar dengan cepat dan mudah di media sosial. Hal ini dapat menyebabkan perpecahan dalam masyarakat dan kekerasan.

“Penipuan juga secara aktif dibatasi oleh platform tersebut, sehingga tidak hanya pemerintah tetapi platform tersebut juga secara aktif memposting penipuan,” kata Prabhu.

Prabhu mengatakan, gugus tugas yang dibentuk Kementerian Komunikasi dan Informatika akan diresmikan dalam beberapa minggu ke depan. Setidaknya, ada enam platform yang siap berkomitmen mencegah berita bohong. “Kemarin kami mengundang YouTube, Meta, TikTok, Google, Snack dan X dan berjanji,” ujarnya.

Prabhu mengatakan, ada pihak lain yang memantau informasi yang tersebar di media sosial. Hal ini memisahkan media arus utama dari proses panjang ‘penjaga gerbang’.

“Saya tidak bisa memastikan ada yang salah atau ada yang salah dengan pengguna internet, bagaimana beberapa bot mencoba melakukannya, tidak seperti media arus utama yang melalui proses gatekeeping,” ujarnya. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours