Siswa SMAN 3 Taruna Angkasa raih medali emas Jiu-jitsu internasional

Estimated read time 2 min read

Surabaya (Antara) – KOK 3 Jawa Timur (Jatam) Murid Taruna Angkasa Madyu Muhammad Rafi Hidayat berhasil meraih medali emas kategori Jiu-Jitsu hingga 77 kg putra pada Kejuaraan Regional Asia Tenggara 2024.

Alhamdulillah kemarin membawa hasil terbaik bagi Indonesia, kata Mohamed Rafi Hidayat dalam pidatonya di Surabaya, Minggu.

Rafi mengatakan, butuh waktu enam bulan dari persiapan intens hingga kesempurnaan mental untuk mempersiapkan turnamen di Bali Arena League, Denpasar, Bali. Mengingat Indonesia baru pertama kali menjadi tuan rumah kompetisi besar Jiu-Jitsu.

Pelajar peraih Juara I kategori Weight 81kg dan Juara II kategori Newza ini menuturkan, ada 125 pemain tim Indonesia di turnamen ini. Mereka akan bertanding di tim U-16, U-18, dan U-21.

Mewakili Tanah Air di ajang internasional bukan perkara mudah bagi Rafi. Itu harus mengikuti proses seleksi yang ketat. Provinsi memulai dengan mendaftar ke Pengurus Besar Jiu-Jitsu Indonesia Pusat (PBJI) melalui PBJI dan harus mempunyai pengalaman kejuaraan minimal tingkat nasional.

Ya, tidak mudah meraih medali emas ini. Apalagi lawan terkuat kemarin adalah Vietnam. Tapi alhamdulillah bisa, ujarnya.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang Grand Southeast Asian Jiu-Jitsu 2024 pada 4-7 Juli.

Sebanyak 95 event digelar di turnamen tersebut, dan Vietnam menjadi juara umum dengan 52 emas, 55 perak, dan 44 perunggu.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menempati posisi kedua atau kedua dengan perolehan medali emas lebih banyak dibandingkan Thailand. Indonesia mengungguli Thailand dalam perolehan medali perak dan perunggu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours