Alumni Connect PPI Dunia minta putusan MK dipatuhi semua pihak

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) World Alumni Connect mendorong seluruh elemen pemerintahan, baik manajemen maupun hukum, mendengarkan suara rakyat dan menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi dalam menentukan kebijakan.

Seruan ini dilontarkan Alumni Sambung PPI Dunya menanggapi upaya DPRRI merevisi Undang-Undang Pemilihan Bupati (UU Pilkada) yang menuai protes dan protes masyarakat di beberapa kota.

Berdasarkan keterangan tertulis organisasi yang diterima di Jakarta, Kamis, “Segala kebijakan yang diambil pemerintah harus sejalan dengan keinginan masyarakat dan tidak mengabaikan kebutuhan masyarakat.”

Alumni Connect PPI World ini mengatakan, protes tersebut merupakan representasi kolektif akan pentingnya menghormati suara rakyat dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah.

Selain itu, Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga peradilan tertinggi yang menguji konstitusionalitas undang-undang, memenuhi kewajibannya dengan mengeluarkan putusan yang mencerminkan keadilan.

Menurut Alumni Sambung PPI Dunia, “Kami mendukung penuh upaya Mahkamah Konstitusi dalam menegakkan kedaulatan hukum dan memastikan setiap pengujian undang-undang tidak bertentangan dengan prinsip demokrasi dan keadilan.”

Untuk itu, organisasi ini meminta seluruh lapisan masyarakat untuk terus memantau pelaksanaan putusan Mahkamah Konstitusi dan memastikan proses demokrasi di Indonesia berjalan sesuai aturan hukum yang berlaku.

Rapat Ketiga Delegasi DPR RI masa sidang pertama tahun sidang 2023-2024 dengan agenda pengesahan RUU Pilkada yang seharusnya digelar Kamis pagi, dibatalkan karena ketidakhadiran peserta rapat. Jumlahnya banyak. Kegagalan untuk memenuhi kuorum.

Wakil Ketua DPRRI Sufi Disko Ahmed memastikan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada akan dicabut, dan putusan Mahkamah Konstitusi pada Pilkada 27 Agustus tetap berlaku untuk pendaftaran Pilkada. kandidat. 2024.

Keputusan MKKJR (Peninjauan Kembali) yang menyetujui perkara Partai Buruh dan Partai Gallura akan dilaksanakan, kata Disco di akun media sosial resmi X yang diunggah, Kamis malam.

Mahasiswa di Yogyakarta turun ke jalan menolak RUU Pilkada

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours