Pemimpin negara-negara Afrika tiba di Bali hadiri HLF-MSP, IAF 2024

Estimated read time 2 min read

Badung (ANTARA) – Sejumlah pemimpin negara Afrika telah tiba di Bali untuk mengikuti dua Forum Kemitraan Multi-Stakeholder (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 yang berlangsung di Nusa Dua, Barley.

Berdasarkan siaran pers kelompok komunikasi dan media HLF-MSP dan IAF 2024 pada Minggu, disebutkan bahwa kedatangan para pemimpin tersebut menandai dimulainya kerja sama internasional yang penting antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

Pada Minggu pagi (9/1), Presiden Rwanda Paul Kagame menyatakan dirinya mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Badung, Bali, dan disambut oleh Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah Bali, Ni Wayan Murdani, dan disambut. dengan seorang perwakilan. tari Bali.

Sebelumnya pada Sabtu malam (31/08), Presiden Liberia Joseph N. Boakai bersama istrinya Khartoum Yarta Boakai tiba di Bali dan disambut Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali.

Sebelumnya pada hari itu, Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi tiba di Bali dan ditemui langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga serta diperkenalkan dengan gaya tari khas Bali.

Wakil Presiden Zimbabwe, Kembo Champbell Dugishi Mohadi juga tiba di Bali dan disambut oleh Duta Besar RI untuk Zimbabwe dan Zambia, Dewa Made Juniarta Sastrawan.

Kehadiran Mohadi disebut-sebut merupakan wujud komitmen Zimbabwe untuk memperdalam hubungan bilateral dengan Indonesia, khususnya di bidang kerja sama antarbenua.

Sehari sebelumnya, Jumat (30/8), Perdana Menteri Eswatini Russel Mmiso Dlamini juga tiba di Bali. Kehadirannya disambut oleh Wakil Menteri Perekonomian RI Jerry Sambuaga.

HLF-MSP dan IAF 2024 di Bali diharapkan dapat memperkuat hubungan diplomatik dan ekonomi antara Indonesia dan negara-negara Afrika, serta menyoroti pentingnya kemitraan inklusif dan multipihak.

Kehadiran para pemimpin Afrika juga menunjukkan antusiasme yang besar terhadap peningkatan kerja sama kedua pihak.

Forum ini tidak hanya berfungsi untuk memperkuat hubungan bilateral, namun juga membuka peluang baru bagi pertukaran pengetahuan dan investasi yang bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours