Jawa Timur berangkatkan 850 atlet untuk PON 2024

Estimated read time 2 min read

Surabaya (ANTARA) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur mengirimkan 850 atletnya untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut pada 8-20 September 2024.

Direktur Badan Pengurus Puslatta Jatim Irmantara Subagio dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, mengatakan jumlah atlet yang berangkat ditentukan melalui koordinasi dengan seluruh jaringan olahraga di Puslatta Jatim.

Irmantara mengatakan, hal itu dilakukan untuk menentukan siapa yang akan dikirim berdasarkan prestasi dan ujian akhir 954 atlet yang lolos Babak Kualifikasi (BK) PON.

“Kami hitung emas dan perak, perunggu juga kami hitung karena beberapa peserta BK PON ada zonanya. Peluang apa saja yang ada di PON mendatang akan kami kritisi untuk lebih memastikan komposisi tim PON Timur Jawa,” kata Irmantara.

Selain itu, karena keterbatasan anggaran, KONI Jatim mengambil kebijakan hanya mengirimkan pemain yang dijamin meraih emas.

Oleh karena itu, BK Jatim sangat detail dalam melihat perkembangan atlet berdasarkan perkembangan dari PON dalam satu event atau berdasarkan tes prestasi internal yang dilakukan atlet.

“Kalaupun lolos ke BK Pon, kalau bisa posisi lima atau enam kenapa harus maju, sulit bagi mereka untuk mendapat medali emas, medali perunggu. sungguh diperhitungkan,” kata Irmantara.

Ia mengatakan, perolehan medali emas sebanyak 130 orang dengan pengiriman 850 atlet ke Pon.

“Kalau kita optimis, akan ada 150 (medali emas). Pesaing terberat masih Jawa Barat dan DKI Jakarta,” ujarnya.

Irmantara berharap seluruh atlet yang berangkat tetap melanjutkan latihan terbaiknya hingga meraih medali emas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours