Riwayat Pendidikan Yan Wisnu, Dekan FK Undip yang Diberhentikan dari RSUP Kariadi

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Sepeninggal dr Aulia Risma, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Undip dr Jan Wisnu Prajoko diberhentikan sementara dari pekerjaannya di Rumah Sakit Umum Kariadi Semarang. Ini adalah latar belakang pendidikannya.

Dr. Dr. Bapak Jan Wisnu Prajoko, M.Kes., Sp.B.Subsp.-onk(K) dilantik menjadi FK Undip periode 2024-2029 oleh Rektor Universitas Diponegoro (Undip) pada tanggal 15 Januari 2024. sebagai dekan fakultas. Ia menggantikan mantan dekan FK Undip. Dr. Dr. Dowi Pujonarco.

Baca juga: Dekan Andip FK Angkat Bicara Soal Tudingan Bully yang Dilakukan Dr Auria Lisma: Luncurkan Investigasi Paling Luas

Pengangkatan Yan Wisnu sebagai Dekan FK Undip disetujui berdasarkan keputusan Perdana Menteri Undip Nomor: 32/UN7.A/KP/I/2024 s.d. Nomor: 81/UN7.A/KP/I/2024 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi dan Direktur Eksekutif, serta Pengawas di Lingkungan Universitas Diponegoro .

Bapak Jan Wisnu Prajoko menerima surat pengangkatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada tahun 2021 sebagai dokter spesialis bedah onkologi di Rumah Sakit Umum Karyadi Dr.Semarang.

Baca juga: Direktur Andip FK mengundurkan diri dari RSUD Kariadi usai kejadian dr. Auliya Risma

Namun, beberapa waktu lalu, Direktur Utama RSUP dr Kaliadi Smaran mengeluarkan surat untuk mencopot sementara Jan Wisnu dari jabatan dokter onkologi di rumah sakit tersebut.

Pengunduran diri Jan Wisnu karena adanya dugaan perundungan atas meninggalnya dr Auliya Lisma, mahasiswa Program Pendidikan Dokter Anestesiologi (PPDS) Undip.

Berakhirnya praktek klinis Jan Wisnu Prajoko juga mengawali aksi solidaritas untuk mendukung Jan. Pada Senin (2/9/2024), ratusan orang berpakaian serba hitam memenuhi tribun penonton di lapangan basket Andip.

Foto/SINDOnews/Eka Setiawan.

Dalam kerja sama ini, mahasiswa dan alumni Undip memaparkan makalah yang salah satunya berbunyi: “Kami Berdiri Bersama Jan Wisnu Prajoko.” Mereka pun bergantian memberikan sambutan dan doa kepada mendiang Auliya Lisma Lestari.

Baca juga: Dekan Andip Dr Karyadi Smaran dipecat dari RSUP: Rawat 300 pasien kanker dalam seminggu

Jan Wisnu mengaku sudah 16 tahun bekerja di RS Kariadi. Faktanya, ia merawat lebih dari 300 pasien setiap minggunya, terutama mereka yang mengidap kanker stadium lanjut.

Selain menjalankan tugasnya sebagai dokter bedah onkologi, beliau juga menjabat sebagai instruktur pendidikan bagi dokter, spesialis, dan subspesialis.

Latar belakang akademis dekan FK Undip

Berdasarkan kutipan dari berbagai sumber, Jan Wisnu Prajoko merupakan lulusan pendidikan khusus bedah onkologi Undip (Sp.B) yang lulus pada tahun 2005.

Lanjut Dr. Jan Wisnu kemudian menempuh pendidikan gelar M.Kes di Universitas Padjadjaran (Ompas), lulus pada tahun 2007.

Pada tahun yang sama, Jan Wisnu Prajoko lulus sebagai dokter spesialis bedah onkologi dan juga ditunjuk oleh Universitas Onkologi Indonesia.

Tak hanya itu, Jan Wisnu saat ini sedang menempuh studi PhD di Universitas Gadjah Mada. Ia juga lulus pada tahun 2013.

Bapak Jan Wisnu juga terdaftar di berbagai organisasi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Bedah Onkologi Indonesia (PABOI).

Begitulah kisah Jan Wisnu Prajoko, Direktur FK Undip yang diberhentikan sementara bekerja di RSUD Kariadi Semarang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours