Indonesia gagal ke final usai ditumbangkan Australia 3-5

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Timnas Indonesia gagal lolos ke final Piala AFF U-16 karena VIB dikalahkan 5-3 oleh Australia U-16 dalam laga semifinal di Stadion Manahan, Solo, Senin malam. Amlani Tatu dan Anthony Didulica masing-masing mencetak dua gol untuk Australia, dan Quinn McNichol mencetak satu gol lagi. Sementara itu, Zahabi Goli bersiap menghadapi Indonesia dan Josh Holong mencetak gol menjelang akhir pertandingan.

Kemenangan ini berarti Australia akan bertemu Thailand di final. Tim berjuluk Gajah Putih itu mencapai final setelah mengalahkan Vietnam 2-1 di semifinal yang dimainkan sebelum laga Indonesia melawan Australia. Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam U-16 pada Rabu (3/7) untuk memperebutkan peringkat ketiga Piala AFF U-16. Baca Juga: Nova Arianto Sebut Pemainnya Harus Mewaspadai Sikap Pemain Australia

Indonesia U-16 langsung membuka keunggulan pada menit ke-3 melalui sundulan Muhammad Zahabi Goli memanfaatkan umpan silang Matthew Baker. Skornya 1-0.

Australia membalas dengan ancaman gol pada menit ke-12, namun kiper Nur Iksan masih berhasil melakukan penyelamatan gemilang dari Jordan Graoroski saat berada di depan dalam situasi satu lawan satu.

Pada menit ke-16, Indonesia mendapat peluang melalui Mochamad Mierza Firjatullah. Namun tembakan Mierza berhasil diselamatkan kiper Australia Jai ​​Ajanovic sehingga menghasilkan sepak pojok untuk Indonesia. Baca juga: Timnas U-16 melaju ke babak semifinal usai menang 6-1 atas Laos. Namun penalti tersebut dibatalkan setelah wasit mendapat informasi dari VAR. Penaltinya digantikan dengan tendangan bebas karena pelanggaran terjadi di luar kotak penalti.

Sayangnya, tendangan bebas Australia berhasil dikonversi Amlani Tatu. Indonesia – Australia 1-1 pada menit ke-23.

Indonesia terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Raihan mendapat kartu kuning kedua karena melakukan tekel terhadap pemain Australia pada menit ke-29.

Pada menit ke-40, Australia mengancam gawang Indonesia melalui tendangan keras Tatu dari luar kotak penalti. Namun tembakannya berhasil diblok Nur Ichsan.

Pada menit 45+2, Australia unggul 2-1 melalui gol Quinn McNicol, sebelum Indonesia menyamakan kedudukan secara dramatis melalui tendangan voli spektakuler Golli dari luar kotak penalti.

Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga akhir babak pertama. Indonesia 2:2 Australia.

Memasuki babak kedua, alur permainan tak banyak berubah. Australia yang memiliki pemain lebih banyak mendominasi penguasaan bola satu lawan satu, namun Indonesia berusaha memberikan perlawanan sengit.

Australia mampu mencetak gol ketiganya pada menit ke-65. Memanfaatkan kesalahan bek Indonesia dalam memblok bola, Amlani Tatu melepaskan tendangan voli yang berhasil menembus gawang Indonesia. Australia unggul 3-2 atas Indonesia.

Lima menit kemudian, Australia mencetak gol keempatnya pada pertandingan tersebut. Anthony Didulica mencetak gol ke gawang Indonesia berkat umpan terukur dari Tatu. Australia memimpin 4-2.

Australia memperbesar keunggulan menjadi 5-2 pada menit ke-85 ketika Didulica yang tidak terkawal di kotak penalti berhasil menyundul bola dengan sempurna ke gawang Indonesia.

Di masa tambahan waktu, Indonesia berhasil memperkecil kedudukan menjadi 5-3. Josh Holong menyundul bola ke kotak penalti memanfaatkan tendangan bebas Fandi Muzaki untuk mencetak gol.

Laga berakhir 5-3 untuk kemenangan Australia atas Indonesia.

Meluruskan

Indonesia U-16: Nur Ichsan; Dan Putu Panji, Matthew Baker, Rajhan Apriancia; Fabio Azkairavan, Evandara Florasta, Muhamad Zahabi Goli, Nazriel Alfaro Sjahdan, Daniel Alfredo; Mochamad Mierza Firjatullah, Fadli Alberto Hengga

Australia U-16: Jai Ajanovic; Alexander Lech Garbowski, Christian David Pullela, Jayden Peter Nechowski; Malual Quire, Alexander Jesse Bolton, Nicholas Gustavo Alfaro, Jay Noah Maltz, Quinn McNichol; Amlani Tatu, Jordan Graoroski

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours