Tugas Akhir Jadi Momok? Ini 5 Kampus yang Mahasiswanya Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Estimated read time 3 min read

Jakarta – Berikut daftar 5 universitas yang mahasiswanya bisa lulus tanpa skripsi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa skripsi seringkali menjadi prospek yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir. Tak jarang ketika menyusun skripsi, mahasiswa harus melakukan revisi beberapa kali untuk mendapatkan persetujuan atau persetujuan dari pembimbingnya.

Namun jangan khawatir, kini ada beberapa perguruan tinggi yang membolehkan mahasiswanya lulus tanpa harus mengerjakan skripsi karena memperbolehkan tugas akhir lainnya.

Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, skripsi tidak lagi diwajibkan sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa S1 dan D4.

Lalu universitas mana yang memperbolehkan lulusannya tanpa tesis? Rangkuman dari berbagai sumber Artikel ini akan membahas daftar 5 universitas yang mahasiswanya bisa lulus tanpa skripsi, simak yuk!

5 cabang tempat Anda bisa lulus tanpa tesis

1. Universitas Negeri Yogya

Universitas Negeri Yogya (UNY) menerapkan sistem kelulusan bebas skripsi. Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang memilih jalur kelulusan tersebut.

Mahasiswa yang memilih lulus tanpa skripsi harus mengikuti kegiatan yang dapat mengharumkan nama universitas. Diantaranya adalah keikutsertaan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Universitas Negeri Yogya (UNY) telah menerapkan sistem pascasarjana tanpa skripsi. Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang memilih jalur kelulusan non skripsi ini.

Mahasiswa yang memilih lulus tanpa skripsi harus mengikuti kegiatan yang dapat mengharumkan nama universitas. Diantaranya adalah keikutsertaan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Untuk lolos Phimas, mahasiswa harus melaksanakan Program Inovasi Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Departemen Umum Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah meluluskan 70 mahasiswa non tesis. UMM memberikan kebebasan bagi mereka yang tidak ingin mengerjakan skripsinya.

3. Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

London School of Public Relations, atau LSPR, memiliki dua sistem persyaratan tesis dan non-tesis.

Keduanya merupakan karya ilmiah atau laporan berdasarkan hasil penelitian siswa terhadap suatu permasalahan atau fenomena sesuai minat dan latar belakang pendidikannya.

Bagi mahasiswa yang memilih skripsi, dapat membuat model bisnis atau kesuksesan yang menurutnya unik untuk dibahas.

Jadi, walaupun konsepnya non-tesis, tetap harus menulis karya ilmiah yang mempunyai umur dasar menulis skripsi, secara umum gagasan penulisnya, dan sebagainya.

4. Coba Sekolah Manajemen Sacti

Fakultas Manajemen Trisakti memiliki dua jalur untuk kelulusan tesis dan non-tesis. Bagi mahasiswa yang memilih skripsi, dapat membuat model bisnis atau kesuksesan yang menurutnya unik untuk dibahas.

Jadi, walaupun konsepnya non-tesis, tetap harus menulis karya ilmiah yang mempunyai umur dasar menulis skripsi, secara umum gagasan penulisnya, dan sebagainya.

5. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UNM) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan sistem pascasarjana tesis dan non tesis. Tidak semua jurusan bisa menerima opsi ini, namun salah satu jurusan yang difasilitasi dengan pilihan persyaratan sarjana adalah Sastra Indonesia.

Mahasiswa yang memilih sistem penggantian skripsi wajib menulis makalah penelitian atau jurnal yang akan dipublikasikan pada jurnal bereputasi.

Namun jurnal ilmiah harus memiliki Science and Technology Index (SINTA), standar akreditasi dua dan tiga, atau jurnal internasional yang mengikuti akreditasi Scopus dan Web of Sciences (WoS).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours